Jadwal Tes CPNS 2014


By | 18.41 Leave a Comment
Jadwal tes CPNS tahun 2014 sudah mulai ditunggu oleh kebanyakan para pelamar yang siap menjadi abdi negara. Posisi yang telah disediakan oleh pemerintah pusat adalah sebanyak 100 ribu lowongan yang terbagi 60 ribu untuk PNS dan 40 ribu untuk PPPK. Jumlah yang besar jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun tetap saja, pelamar akan lebih membludak lagi bahkan berkali lipat dari lowongan yang tersedia. Semuanya bisa dilewati dengan kemampuan serta pengetahuan yang seimbang dengan formasi yang dipilih, bukan hanya sekedar siap karena ada orang dalam yang membantu proses rekrutmen.

Jadwal Tes CPNS 2014

Tahapan sebelmu jadwal CPNS dibentuk adalah proses pengusulan formasi oleh setiap kementerian/lembaga dan pemda yang diberikan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dengan menggunakan sistem elektronik atau yang disebut dengan e-formasi. Semua dilakukan untuk mempermudah proses pengadaan CPNS tahun 2014. Selain itu, pemerintah daerah tidak perlu bolak balik ke Jakarta untuk memberikan usulan sehingga bisa menghemat anggaran perjalanan dinas.

Setelah usulan dari masing-masing kementerian/lembaga telah diproses, maka pemerintah pusat akan mengumumkan formasi yang tersedia dan para pelamar bisa melakukan pendaftaran secara online. Tes CPNS untuk pemerintah pusat rencananya akan digelar pada akhir Juli yaitu dengan mengadakan seleksi untuk Tes Kompetensi Dasar (TKD). Materi yang diujikan adalah terdiri dari tiga komponen, tes intelegensia umum, tes wawasan kebangsaan, dan tes karakteristik pribadi yang semuanya menentukan untuk proses kelulusan pada tahap selanjutnya.


Untuk bisa menambah pengetahuan serta memahami materi dan soal akan keluar pada saat Tes Kompetensi Dasar bisa mempelajari Paket LKIT 2014. Sama halnya dengan tes CPNS pusat, tes CPNS daerah juga memiliki tes yang sama yaitu Tes Komptensi Dasar. Tes CPNS daerah sendiri akan dilaksanakan pada awal Agustus ungkap Karo Hukum, Komunikasi Informasi Publik KemenPAN-RB, Herman Suryatman.

Setelah lulus TKD yang menggunakan sistem CAT CPNS, pelamar akan melakukan tes kompetensi bidang sesuai dengan formasi yang diambil. TKB diberlakukan untuk formasi khusus seperti dokter, dosen, tenaga guru dan yang lainnya, semuanya bisa dipelajari di Paket LKIT TKB.

Pengadaan CPNS tahun ini sudah dipermudah oleh pemerintah, semuanya dilakukan untuk memberikan hasil yang maksimal dalam pengadaan Pegawai Negeri Sipil yang nantinya akan mengabdi kepada negara dan melayani masyarakat. Herman Suyatman menambahkan bahwa pelamar saat ini tidak perlu sulit untuk mengikuti CPNS tahun ini, yang harus dilakukan hanya mempersiapkan pengetahuan dan mental. Sistem CAT yang baru diterapkan saat ini menjadi hal yang perlu dipelajari sebelum tes digelar. Pada tahap seleksi semuanya dilakukan tanpa campur tangan dari orang dalam ataupun menggunakan jalur yang melanggar aturan, semuanya murni atas kemampuan masing-masing pelamar. Hanya pelamar yang memenuhi kualifikasi dan kemampuan seimbang yang bisa melewati tahap seleksi CPNS ini.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: