SK CPNS dan NIP jadi Syarat Mutlak PNS Mulai Bekerja


By | 22.58 Leave a Comment
SK CPNS adalah merupakan Surat ketetapan yang menetapkan seorang honorer yang telah lulus diangkat CPNS bisa mulai bekerja di suatu instansi pemerintahan. Surat ini akan dikeluarkan oleh Pemda/Lembaga non Kementerian/Kementerian masing-masing setelah instansi yang bersangkutan mendapatkan ketetapan NIP dari Badan Kepegawaian Negara.

SK CPNS bisa diartikan sebagai bukti resmi pengakuan bahwa Pemda/Lembaga non Kementerian/Kementerian mengangkat honorernya menjadi seorang pegawai negeri sipil. Melalui SK yang diberikan kepada masing masing honorer yang dinyatakan lulus, maka dapat diketahui juga kapan yang bersangkutan bisa mulai bekerja sebagai seorang aparatur sipil negara.

NIP sendiri adalah merupakan singkatan dari Nomor Identitas PNS, atau ada juga yang menyatakan bahwa NIP adalah Nomor Induk Pegawai. NIP adalah merupakan Nomor Induk yang diberikan kepada seorang PNS sebagai identitas yang di dalamnmya memuat tahun, bulan dan tanggal lahir, tahun dan bulan pengangkatan pertama sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil, juga didalamnya memuat data jenis kelamin dan nomor urut.

Penentuan NIP dan Jumlah Digit No dalam NIP

NIP seorang PNS terdiri dari 8 digit, dengan urutan sebagai berikut
  • 8 Digit pertama: angka pengenal yang menunjukan tahun, bulan dan tanggal lahir
  • 6 digit berikutnya: menunjukan angka pengenal yang menunjukan tahun dan bulan pengangkatan pertama
  • 1 digit berikutnya: angka pengenal yang menunjukan jenis kelamin
  • 3 digit terakhir: angka pengenal yang menunjukan nomor urut


agar tidak dibingungkan dengan urutan nomor diatas, berikut kami berikan contoh dari penentuan NIP seorang PNS:
PNS bernamaSunaryo, lahir pada 1 Agustus 1966, diangkat CPNS pada Maret 1988, jenis kelamin Pria
Dengan demikian NIP Saudara Sunaryo adalah: 19660801.198803.1.001

Fenomena NIP dan SK CPNS

NIP seorang ASN / PNS akan ditetapkan oleh Kepala BKN dan untuk SK CPNS akan ditetapkan oleh Pemda/Lembaga non Kementerian/Kementerian masing-masing setelah ada penetapan NIP dari BKN. Lama tidaknya SK CPNS dikeluarkan adalah menjadi urusan internal dari daerah dan Lembaga Negara / Kementerian yang bersangkutan dan bukan lagi menjadi tanggung jawab BKN. Untuk waktu penatapan SK adalah bukan menjadi ranah dari Badan Kepegawaian Negara.

Fungsi dan Masa Berlaku NIP

NIP seorang PNS bisa berfungsi sebagai nomor identitas dalam berbagai hal, diantaranya adalah: pembinaan karir, pelayanan gaji, pelayanan pensiun, pelayanan asuransi sosial, pelayanan tabungan, pengelolaan administrasi kepegawaian, dan berbagai pelayanan lain yang bermanfaat bagi seorang abdi negara.

NIP akan berlaku selama yang bersangkutan menjadi seorang PNS, Pensiunan PNS atau Janda/dudanya.
NIP juga berlaku bagi keluarga yang menjadi tanggungan dan penerima pensiun serta orang tua penerima pensiun yang meninggal.

Update Penetapan NIP

Penetapan NIP Jalur Umum dan Honorer
Berdasarkan informasi resmi dari Badan kepegawaian Negara di @BKN_RI, Untuk Update dari penetapan NIP dari BKN bisa dilihat di bawah ini

CPNS Jalur Umum 2013
https://www.dropbox.com/s/0zu9ifarazk5r3x/NIP%202014-06-30.xls

Honorer K2 TA 2013
https://www.dropbox.com/s/mdufiyf38sajju0/NIP%202014-06-30%202013.xls

Honorer K2 TA 2014
https://www.dropbox.com/s/u5857hzw9r80kwb/NIP%202014-06-30%202014.xls

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: