Penerimaan CPNS Utamakan Putra Daerah


By | 06.18 1 comment
asncpns.com - Penerimaan CPNS diharapkan nantinya akan mengutamakan putra daerah, hal ini menjadi harapan dan keinginan dari Bupati Melawi, Firman Muntaco. Saat ini penerimaan CPNS tahun 2014 sudah menunjukkan perkembangan yang sangat pesat yaitu dilaksanakan dengan metode yang modern. Pihaknya mendukung terhadap kebijakan seperti ini. Kebijakan yang diterapkan pemerintah pusat bersifat transparan dan mampu menghasilkan pegawai yang berkualitas. Selain itu, cara yang diterapkan bisa mengurangi kecurangan yang sering terjadi pada penerimaan CPNS sebelum-sebelumnya.

Penerimaan CPNS Utamakan Putra Daerah

Setiap daerah memiliki beban tanggungan masyarakat yang masih berstatus pengangguran dan memerlukan peluang kerja yang besar. Begitupun tujuan dari penerimaan CPNS adalah untuk mengurangi pengangguran yang ada di daerah. Namun malah sebaliknya putra daerah memiliki kesempatan yang minim untuk menempati kesempatan kerja yang ada di daerah. Maka diperlukan skala prioritas penerimaan untuk putra daerah dan mengurangi pegawai sarjana lulusan dari luar untuk bisa menempati jabatan yang ada di daerah.
Khususnya untuk pemerintah kabupaten, putra daerah tidak memiliki kesempatan karena tidak terlibat untuk penerimaan CPNS. Padahal penerimaan ini menjadi salah satu jalan untuk pemerintah mengurangi angka pengangguran yang ada.

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, sistem penerimaan CPNS dilaksanakan dengan cara yang lebih modern dan menyesuaikan dengan kondisi jaman. Hal ini berarti bahwa system penerimaan CPNS terus berubah menjadi lebih baik karena bisa menutupi kekurangan di penerimaan-penerimaan sebelumnya. Tentunya para pelamar pun harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan yang terjadi sehingga akan menghasilkan keseimbangan antara sistem yang disediakan dengan individu yang bersangkutan.


Perkembangan juga termasuk harus dilakukan oleh daerah, setuju ataupun tidak dengan kebijakan yang berlaku. Karena jika tidak, maka daerah akan tertinggal dengan daerah lain yang sudah menerapkan system yang modern. Jika di derah lain sudah menggunakan system yang modern seperti pendaftaran CPNS secara online, maka di daerah masih menggunakan cara yang manual. Sehingga para pelamar dari latar belakang manapun harus bisa menyesuaikan dengan kondisi tersebut. Mengingat bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan tenaga professional dan kebanyakan merupakan lulusan dari jenjang pendidikan yang tinggi (sarjana).

Meskipun demikian, pemerintah daerah tetap memiliki harapan untuk adanya skala prioritas putra daerah untuk penerimaan CPNS di tahun-tahun mendatang. Kemampuan setiap orang dari daerah ataupun luar daerah berbeda, sehingga ambang batas nilai atau passing grade pun harus dibedakan dan disesuaikan dengan daerah masing-masing. Seperti yang dikatakan anggota DPRD Melawi, Ridwan Saidi “SDM orang lokal dengan jawa tentu beda, harusnya dalam penentuan kelulusan juga harus ada perbedaan.” Dikutip dari Tribunnews

Seperti telah diketahui bahwa saat ini pemerintah pusat membuka 100 ribu formasi yang terbagi 65 ribu untuk PNS dan 35 ribu PPPK. Jumlah tersebut terbagi lagi untuk daerah dan pusat, jumlah terbanyak ditujukan untuk daerah.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar:

  1. Penerimaan CPNS 2014 yang mengutamakan putra daerah hanyalah kebohongan semata. Dengan persyaratan akreditasi perguruan tinggi A dan B membuat Perguruan Tinggi akreditasi C tidak bisaikut menggunakan Ijazahnya untuk mendaftar CPNS.Hal ini akan menghilangkan kesempata putra daerah. BKN siap -siap saja akan dirombak total oleh capres terpilih. Pegawai BKN Siap-siaplah untuk diberhentikan atau dimutasi ke wilayah yang jauh

    BalasHapus