Bisa Rekrut PNS Daerah Lain


By | 23.00 Leave a Comment
asncpns.com - Pemerintah daerah untuk saat ini bisa merekrut pegawai dari daerah lain. Apalagi kebutuhan pegawai di masing-masing daerah memang sangat tinggi, dari kuota formasi yang diberikan sebagian pemda masih merasa kurang dan jauh dari harapan yang diinginkan. Meskipun begitu, untuk mengurangi permintaan penambahan pegawai baru yang tinggi, pemerintah pusat menetapkan bahwa pemda bisa merekrut pegawai dari daerah lain. Pegawai yang direkrut merupakan pegawai yang berkualitas untuk bisa ditempatkan pada jabatan tertentu. Rekrutmen ini disebut dengan open bidding, lelang jabatan atau promosi terbuka yang juga sudah mulai diterapkan di lingkungan pemerintah pusat khususnya Kementerian PAN-RB.

Bisa Rekrut PNS Daerah Lain

Promosi terbuka bisa diterapkan seperti pada jabatan dokter PNS di daerah, pemda yang bersangkutan bisa melakukan open bidding untuk menarik perhatian dari dokter PNS daerah lain, tentunya dengan cara yang menarik. Faktor penarik harus disesuaikan dengan kondisi kebutuhan dokter PNS saat bertugas atau disesuaikan dengan jabatan yang akan diterapkannya. Sehingga dokter PNS akan semakin tertarik dan memenuhi jabatan yang ditawarkan.

Paling banyak saat ini rata-rata yang dibutuhkan oleh daerah adalah untuk bidang kesehatan dan bidang pendidikan, dokter dan guru. Seperti halnya rekrutmen dokter PNS, daerah juga bisa merekrut guru PNS dari daerah lain untuk ditempatkan di daerah terpencil atau terpelosok.

Tinggi kebutuhan pegawai ASN baru di lingkungan instansi pemerintah daerah bisa dibuktikan dengan banyaknya daerah yang meminta tambahan alokasi formasi. Padahal pemerintah telah menyiapkan 100 ribu lowongan untuk penerimaan ASN tahun 2014 ini. Jumlah tersebut tersebar untuk seluruh instansi di Indonesia. Untuk saat ini kementerian lembaga sudah banyak yang mengumumkan formasi CPNS 2014 yang juga bisa diakses di http://www.asncpns.com/2014/07/penerimaan-cpns-kementerian-lembaga.html dan formasi cpns instansi daerah di http://www.asncpns.com/2014/06/list-penerimaan-cpns-seluruh-indonesia.html. Sesuai jadwal kegiatan pengadaan CPNS 2014, hari ini tanggal 20 Agustus 2014 adalah merupakan awal dari pendaftaran ASN 2014. Pendaftaran hanya bisa dilakukan pada website yang telah ditetapkan saja yaitu panselnas.menpan.go.id dan sscn.bkn.go.id.

Tingginya antusiasme masyarakat untuk menjadi seorang abdi negara akan lebih banyak lagi dari jumlah formasi yang tersedia, namun semuanya di seleksi lagi untuk menghasilkan yang terbaik dan berkualitas. Keseimbangan antara kemampuan dan pengetahuan perlu ditingkatkan untuk bisa bersaing dengan pelamar lainnya salah satunya adalah dengan mempelajari Paket LKIT 2014.

Setelah bisa mendapatkan posisi yang diinginkan, pegawai PNS bisa meningkatkan pengetahuan dan kemampuan sehingga bisa menempati posisi atau jabatan yang lebih tinggi lagi salah satunya dengan mengikuti open bidding atau promosi terbuka. Sebagai contoh penerapan open bidding di pemerintah pusat adalah seperti yang dijelaskan oleh Kabid Evaluasi dan Pengadaan Aparatur KemenPAN RB, Diah Faraz “Di KemenPAN RB, jabatan eselon I, II, dan III sudah mulai open bidding sehingga PNS daerah yang punya kompetensi bisa ikut seleksi dan berkarir di pusat. Nah di daerah, bisa juga dilakukan hal serupa untuk menarik PNS di luar daerah masuk ke wilayahnya sehingga tidak perlu merekrut pegawai baru.”

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: