Satu Juta Pengunjung Per Hari


By | 02.37 Leave a Comment
asncpns.com - Panitia seleksi nasional membatasi pengunjung pendaftaran CPNS 2014 secara online hanya untuk satu juta pengunjung per hari. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tingkat pembengkakan pada server dan mengakibatkan lamaran peserta masuk spam. Pemerintah juga menghimbau kepada pelamar untuk mematuhi peraturan yang berlaku, yaitu dengan tidak mendaftar lebih dari satu instansi. Meskipun begitu, pelamar masih bisa mendaftar 3 jabatan sekaligus pada instansi tersebut, sehingga harus benar-benar menetapkan pilihan dan melamar sesuai dengan hati dan kemampuan yang dimiliki.

Server CAT CPNS
Credit Image to WiseGeek

Persiapan lain yang dilakukan oleh Panselnas untuk tetap mengoptimalkan pendaftaran CPNS tahun ini adalah dengan memanfaatkan 20 server dari beberapa kementerian/lembaga, diantaranya satu server nasional milik panselnas, dan 19 server miliki BKN, Kementerian Keuangan, BPPT, Kemendikbud, Bakorhamla dan server lainnya. Dan pada hari ini tanggal 20 Agustus 2014 sesuai jadwal kegiatan pengadaan CPNS 2014 adalah hari pertama untuk pendaftaran CPNS, akan tetapi sangat disayangkan website panselnas sempat down dan tidak bisa diakses. Saat di konfirmasi oleh pihak asn cpns kepada Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik, Kementerian PANRB, Herman Suryatman - beliau menyatakan "Website Panselnas, mengalami Traffic Jam pada hari pertama ini".
Sampai dengan berita ini diturunkan pada jam 16.29 menit wib - saat asncpns mencoba masuk ke situs panselnas, situs tersebut rupanya belum juga bisa diakses, kemungkinan karena server down.  

Tahun 2014, instansi pemerintah pusat yang melakukan penerimaan adalah sebanyak 68 kementerian/lembaga yang bisa didownload formasi dan pengumuman resmi dari tiap tiap instansi di http://www.asncpns.com/2014/07/penerimaan-cpns-kementerian-lembaga.html, sedangkan instansi daerah yang melakukan penerimaan adalah sebanyak 483 yang terinci dalam http://www.asncpns.com/2014/06/list-penerimaan-cpns-seluruh-indonesia.html, setelah sebelumnya 10 instansi telah menyatakan batal untuk merekrut CPNS untuk tahun ini dengan alasan anggaran dan fokus terhadap penyelesaian masalah CPNS 2013. Kuota yang telah diberikan oleh KemenPAN tetap akan diberikan pada tahun berikutnya jika instansi yang bersangkutan memang akan melakukan penerimaan.

Pendaftaran yang dimulai pada hari ini pada portal panselnas.menpan.go.id akan berlangsung selama 2 minggu, pelamar yang tidak bisa mengunjungi portal pendaftaran pada hari ini masih bisa mengunjungi esok hari dan selanjutnya. Karena kuota batasan berlaku secara terus menerus sampai akhir pendaftaran. Seperti yang dijelaskan oleh Zainul Anwar Effendi, tim audit IT Panselnas “Ya maksimal satu jutalah. Kemudian besoknya lagi kita buka satu juta lagi.”

Dalam jangka pendaftaran sampai pada tahap tes masih terbilang cukup lama sehingga masih banyak waktu untuk mempersiapkan diri menambah ilmu, seleksi CPNS tidak bisa dianggap sepele selain sistemnya yang ketat juga persaingan yang menerapkan passing grade tinggi. Pelamar yang memiliki kompetensi yang bisa menempati salah satu jabatan yang disediakan oleh pemerintah. Mengimbangi hal itu, pelamar bisa mempelajari Paket LKIT 2014 sebagai bahan pembelajaran materi CPNS 2014 yang asn cpns rekomendasikan.

Pembatasan satu juta pendaftar menyiasati untuk tidak terjadi hal yang diinginkan atau server jebol, meski memang pihak panselnas juga tidak mengetahui seberapa besar kemampuan servernya untuk menampung pendaftar CPNS 2014. Bukan hal yang aneh, karena peminat untuk menjadi abdi negara sangatlah banyak dan akan melebihi kuota formasi yang disediakan oleh pemerintah.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: