CAT Tumbuhkan Kepercayaan Masyarakat


By | 22.52 Leave a Comment
asncpns.com - Computer Assisted Test (CAT) saat ini menjadi topik hangat diperbincangkan terutama untuk masyarakat yang akan mengikuti seleksi CPNS tahun 2014. Tidak hanya itu, masyarakat rela mencari informasi bahkan antri untuk bisa mencoba system CAT ini. Mengapa? Karena CAT merupakan salah satu sistem yang digunakan pada saat tes CPNS nanti. Pemerintah mengharapkan dengan diterapkannya system ini mampu mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Selain itu, CAT merupakan bukti nyata dari BKN untuk percepatan reformasi birokrasi di Indonesia.

CAT Tumbuhkan Kepercayaan Masyarakat

Menjadi Aparatur Sipil Negara menjadi keinginan banyak orang yang memiliki hasrat tinggi mengabdi kepada Negara dan melayani masyarakat. Namun seiring dengan berjalannya waktu, penerimaan CPNS pada tahun sebelum-sebelumnya diwarnai dengan berbagai masalah terutama kecurangan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Otomatis hal ini membuat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah berkurang khususnya dalam seleksi CPNS. Dengan latar belakang seperti itu, pemerintah menerapkan system CAT dalam tes CPNS yaitu untuk Tes Kompetensi Dasar.

Tes Kompetensi Dasar dilaksanakan secara umum oleh semua instansi yang membuka penerimaan CPNS. Pada tahap ini juga diterapkan passing grade sebagai batas bahwa peserta dinyatakan lulus pada tes ini dan selanjutnya dilakukan Tes Kompetensi Bidang oleh masing-masing instansi. Sebagai acuan untuk mempelajari materi TKD dan TKB bisa mempelajari Paket LKIT 2014.


Penggunaan CAT diyakini bisa melangsungkan tes CPNS secara transparan, objektif, dan kredibel. Sebagai pengenalan, pemerintah mengadakan simulasi CAT yang telah digelar di 6 kota besar, rencananya pemerintah juga akan mengadakan simulasi CAT secara online yang akan dilaunching pada tanggal 12 Agustus 2014 mendatang.

CAT bukan hal pertama diterapkan pada tes CPNS, pada tahun 2013 menurut Aris Windiyanto Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen PNS, CAT telah digunakan pada saat Tes Kompetensi Dasar oleh 73 instansi pemerintah yang terdiri dari 50 kementerian/lembaga, 8 Provinsi, dan 15 kabupaten/kota. Untuk tahun ini penggunaan CAT wajib bagi setiap instansi pemerintah, jika tidak menggunakan CAT maka instansi tersebu tidak akan diberikan formasi.

Launching CAT CPNS online yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus bersamaan dengan simulasi CAT di Istora Senayan, Jakarta juga akan berlangsung diskusi yang bertema ‘Seleksi CPNS Bersih, Profesional dan Bebas Korupsi’. Selain itu, pemerintah mengharapkan pemegang kepentingan dalam penerimaan CPNS 2014 bisa memberikan dukungan lebih optimal untuk pengguanaan CAT bisa berhasil dan menghasilkan pegawai berkualitas sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi. Untuk melihat informasi formasi dari masing-masing instansi di seluruh Indonesia silahkan akses http://www.asncpns.com/2014/08/kemenpan-hadirkan-simulasi-cat-online.html

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: