Formasi Khusus Untuk Lulusan Terbaik


By | 21.20 Leave a Comment
asncpns.com - Formasi khusus untuk CPNS 2014 sudah menjadi bagian dari seleksi CPNS tahun 2014. Rencananya formasi khusus akan ditambah lagi, ini merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah untuk generasi muda yang memiliki prestasi tinggi. Peraturan mengenai penambahan formasi khusus ini juga diharapkan bisa terwujud untuk tahun ini. Formasi yang disediakan untuk seleksi CPNS terbilang banyak dibanding dengan kuota pada tahun sebelumnya, sehingga pelamar tentu akan melambung dari jumlah kuota yang tersedia. Alokasi formasi khusus penyandang cacat pada tahun sebelumnya memang ada namun jumlah tidak sebanyak jumlah yang direncanakan tahun ini.

Formasi Khusus Untuk Lulusan Terbaik

Formasi khusus yang disediakan oleh pemerintah yaitu hanya untuk orang-orang tertentu dan terpilih, diantaranya adalah putra/putri Papua, atlet dan pelatih olahraga berprestasi, disabilitas, dan lulusan terbaik. Formasi yang disediakan oleh pemerintah untuk disabilitas rencananya adalah sebanyak 300 formasi. Sedangkan jumlah sseluruhnya yang disediakan untuk formasi khusus adalah sebanyak 2.000 formasi dan kuota terbanyak akan diberikan kepada sarjana yang mengajar di wilayah terpencil, terluar, dan tertinggal (3T). Formasi yang dikhsusukan ini diharapkan mampu merekrut pelamar yang memiliki kemampuan tinggi untuk mengabdi kepada negara dan melayani masyarakat dengan kelebihan yang dimiliki.

Seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2014 membuka kesempatan bagi semua lapisan untuk bisa berpartisipasi dalam penerimaan ini. Yang terpenting pelamar bisa bersaing secara sehat dengan pelamar lain dan menunjukkan kemampuan serta pengetahuan yang dimiliki. Materi soal yang diujikan pada seleksi ASN nanti membutuhkan persiapan yang matang, apalagi jika telah mengetahui kisi-kisi soal CPNS 2014 maka yang harus dilakukan adalah mencari bahan materi yang sesuai dengan kisi-kisi tersebut. Sebagai bahan rekomendasi materi pembelajaran tes CPNS 2014 terbaik di Indonesia adalah Paket LKIT 2014.


Formasi khusus yang tengah digadang-gadangkan untuk penerimaan ASN tahun ini kini ada dalam tahap penyusunan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB). Pemerintah yakin memberikan formasi khusus ini untuk lulusan terbaik Indonesia. Selain itu, formasi khusus ini juga diberikan untuk putra/putri daerah yang mendapat program pendidikan beasiswa dari pemerintah dan sarjana yang mengajar di daerah 3T tersebut. Harapan pengadaan formasi khusus juga dikatakan oleh Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB, Setiawan Wangsaatmaja, “Kita ingin memberikan apresiasi terhadap orang-orang yang berprestasi.”

Persyaratan untuk formasi khusus belum bisa ditentukan dan masih dalam tahap musyawarah dengan pihak lain. Karena penetapan formasi khusus melibatkan juga Kementerian lain seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Sosial, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Sedangkan dalam rapat yang membahas persyaratan formasi khusus dihadiri oleh Kementerian yang tersebut diatas ditambah Forum Rektor Indonesia.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: