Video of the Day

Minggu, 03 Agustus 2014

Nilai Passing Grade Tes Karakteristik Pribadi Paling Besar

Nilai Passing Grade Tes Karakteristik Pribadi diterapkan Lebih Besar daripada Nilai Passing Grade Wawasan Kebangsaan dan Intelegensia Umum. Nilai passing grade CPNS dari Tes Kepribadian dianggap lebih diutamakan karena saat ini pemerintah benar benar sedang mencari calon abdi negara yang mampu melayani masyarakat, berkepribadian dan berkemampuan mumpuni.

Passing Grade CPNS 2014

Anggapan tersebut adalah berdasarkan dari fakta tahun sebelumnya, dimana pemerintah menerapkan passing grade untuk Tes Karakteristik Pribadi adalah yang paling tinggi. Pada tahun lalu nilai ambang batas untuk passing grade TKP adalah sebesar 60 % dari nilai maksimal tes karakteristik pribadi, sedangkan untuk Tes Intelegensia Umum pemerintah mematok 50% dari Nilai Maksimal tes Intelegensia Umum. Tes Wawasan Kebangsaan menjadi nilai bontot dengan nilai ambang batas minimal sebesar 40% dari Nilai wawasan tes kebangsaan.

Passing Grade bagi instansi yang menggunakan CAT

Kriteria nilai ambang batas
nilai ambang batas
1
60 % dari nilai maksimal tes karakteristik pribadi
105
2
50 % dari nilai maksimal tes intelegensia umum
75
3
40 % dari nilai maksimal tes wawasan kebangsaan
70

Data diatas adalah merupakan data yang diambil dari pelaksanaan Tes CPNS menggunakan CAT pada tahun sebelumnya. Detail mengenai hal ini silakan lihat di link http://www.asncpns.com/2014/02/passing-grade-cpns-2014-sistem-cat.html


Contoh Penilaian Passing Grade CPNS

Nilai Ambang Batas minimal yang harus diperoleh akan sangat berpengaruh pada kelulusan CPNS seorang pelamar. Jadi disaat seorang pelamar tidak memenuhi salah satu nilai passing grade, sudah dipastikan pelamar tersebut tidak akan bisa lulus CPNS.

Contoh Perhitungan:

"Ani mendapatkan Nilai Karakteristik Pribadi sebesar 74%, sedangkan TIU mendapatkan nilai 45% dan Tes Wawasan Kebangsaan mendapatkan 60%.
Dari contoh nilai diatas, maka Ani tidak akan lulus CPNS - karena walaupun Ani mendapatkan Nilai besar di Tes Kepribadian dan Wawasan Kebangsaan, akan tetapi nilai ambang batas Ani untuk Intelegensia Umum tidak memenuhi syarat ambang batas."

Contoh perhitungan diatas adalah berlaku untuk semua perhitungan menggunakan CAT CPNS. Jika seorang pelamar ingin bisa lulus CPNS, maka pelamar harus mampu memenuhi ambang batas nilai masing masing tes baik itu TKP, TWK dan TIU. Sebagai rekomendasi pembelajaran terbaik silakan calon pelamar mempelajari Paket LKIT

Dalam sistem passing grade ini nilai besar tidak bisa diakumulasi untuk menutupi nilai yang kurang, akan tetapi masing masing nilai tes harus memenuhi nilai ambang batas yang telah ditentukan.


asncpns

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



0 komentar:

Posting Komentar

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)