Peta Jabatan Syarat Ajukan Formasi


By | 20.17 Leave a Comment
asncpns.com - Peta jabatan menjadi salah satu syarat penting yang harus dilakukan oleh instansi sebelum mengajukan formasi kepada pemerintah pusat. Dari pemetaan jabatan dapat diketahui kebutuhan serta pembagian yang jelas di instansi tersebut. Sehingga pada akhirnya instansi yang membutuhkan pegawai baru bisa memberikan formasi secara real dengan data yang sesuai dan bisa disetujui oleh pemerintah. Untuk pengajuan formasi CPNS tahun ini, pemerintah telah menetapkan untuk menggunakan sistem elektronik yang disebut dengan e-formasi. Instansi yang akan mengajukan formasi tidak perlu bersusah payah lagi mendatangi kantor pusat, selain itu juga akan mengurangi anggaran perjalanan dinas. Sistem elektronik ini mampu memberikan efektifitas kepada berbagai pihak.

Peta Jabatan Syarat Ajukan Formasi

Pemetaan jabatan sudah menjadi kebiasaan atau peraturan yang harus dipatuhi oleh setiap instansi dan terbukti, sampai saat ini pemetaan jabatan menjadi salah satu rangkaian wajib yang tidak pernah ditinggalkan oleh instansi daerah ataupun pusat. Pemetaan jabatan ini tidak hanya dikhususkan untuk formasi umum saja, namun untuk formasi khusus dan lainnya karena dengan diterapkannya langkah seperti ini akan memberikan keseimbangan antara jabatan yang dibutuhkan dengan pengurangan pegawai. Salah satu formasi yang harus dilakukan pemetaan jabatan adalah formasi CPNS dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).


Pemetaan jabatan untuk formasi CPNS dari IPDN harus disesuaikan dengan aturan hukum yang berlaku. Penetapan fomasi juga tetap akan mengikuti sistem perekrutan sesuai dengan UU No 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Lulusan praja IPDN tidak bisa secara langsung menempati jabatan yang tersedia karena masih harus menyesuaikan dengan peraturan umum yaitu Undang-Undang Kepegawaian namun tetap melaksanakan peraturan khusus (lex specialis). Dengan diterapkannya syarat pemetaan, lulusan IPDN bisa terukur kompetensinya dan bisa dengan mudah untuk menempatkan pada jabatan yang sesuai.

Kementerian Dalam Negeri menjadi salah satu instansi pemerintah yang mengadakan perekrutan ASN tahun 2014. Selain perekrutan formasi CPNS dari IPDN, Kemendagri juga membuka kesempatan untuk pelamar umum. Tentunya persaingan akan sangat ketat mengingat pelamar akan lebih banyak dibanding dengan formasi yag disediakan. Sebagai salah satu pembelajaran terbaik dan direkomendasikan adalah dengan mempelajari Paket LKIT TKB Pemda.

Percepatan penetapan formasi CPNS IPDN di Kemendagri harus disesuaikan dengan pola karir yang jelas. Mengingat sampai saat ini kuota pegawai sudah menapaki tahap lebih dari standar dan perlu pembenahan yang jelas sehingga anggaran pun perlu diperhatikan. Pola karir yang terbaik bisa diambil sebagai bahan keputusan yang harus dimusyawarahkan dengan Kementerian Keuangan juga. Peta jabatan harus dicermati secara jelas sebelum diajukan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) yang kemudian disetujui dan ditetapkan.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: