TKD Kemenkeu Untuk Jalur Khusus


By | 18.10 Leave a Comment
asncpns.com - Kementerian Keuangan telah mengumumkan bahwa pada seleksi CPNS tahun ini akan mengadakan Tes Kompetensi Dasar. Pengumuman pelaksanaan TKD ini ditujukan untuk jalur khusus yaitu pelamar lulusan D III dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Dengan adanya pengumuman ini, Kemenkeu juga menegaskan bahwa pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar menggunakan system CAT akan dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus – 29 Agustus 2014. Penerimaan pegawai dari jalur khusus ini akan ditempatkan untuk mengisi jabatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil golongan II sesuai dengan kebutuhan.

TKD Kemenkeu Untuk Jalur Khusus

Jika pendaftaran CPNS 2014 secara umum melalui website panselnas.menpan.go.id, untuk peserta jalur khusus di Kementerian Keuangan bisa mendaftarkan diri secara online mulai tanggal 13 Agustus – 18 Agustus 2014 melalui website http://rekrutmenstan.kemenkeu.go.id. Persyaratan yang dibutuhkan saat melakukan pendaftaran adalah dengan mengupload foto terbaru dengan ukuran maksimal 300kb. Hal ini berbeda dengan persyaratan untuk pelamar jalur umum yang akan mengikuti seleksi CPNS tahun 2014. Karena yang harus disediakan hanyalah Nomor Induk Kependudukan (NIK). Persyaratan seleksi CPNS tahun ini telah dipermudah, hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan ada pelamar belajar dengan sungguh-sungguh tanpa memikirkan persyaratan yang rumit.

Sedangkan untuk pelamar jalur umum yang akan melakukan tes di Kementerian Keuangan, asncpns.com merekomendasikan untuk mempelajari Paket LKIT 2014 dan TKB Kemenkeu.


Tes Kompetensi Dasar merupakan salah satu tahapan seleksi yang harus dilakukan oleh peserta jalur khusus lulusan STAN tersebut. Setelah melakukan pendaftaran pada website yang telah ditentukan, pelamar harus mencetak dokumen pendukung dalam pendaftaran tersebut diantaranya adalah bukti pendaftaran online, daftar riwayat hidup, surat pernyataan, dan daftar kekerabatan.

Secara umum, rencananya Kementerian Keuangan pada penerimaan CPNS kali ini akan membuka lowongan sebanyak 9000 lowongan. Sedangkan kuota terbesar akan diberikan untuk Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Bea Cukai. Tahun ini juga pemerintah tengah menyiapkan untuk penerimaan CPNS untuk formasi khusus. Formasi khusus ini yaitu untuk putra/putri Papua, atlet dan pelatih olahraga berprestasi, disabilitas dan lulusan terbaik.

Untuk pelamar dari jalur khusus (lulusan STAN) di Kementerian Keuangan setelah melakukan pendaftaran harus menunggu sampai tanggal 20 Agustus 2014 sebelum akhirnya harus melakukan Tes Kompetensi Dasar menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Penggunaan CAT dalam seleksi CPNS 2014 menjadi tahapan wajib bagi seluruh instansi karena jika tidak menggunakan CAT tidak akan mendapatkan formasi. Selain itu, penggunaan CAT dalam TKD diharapkan bisa menghasilkan pegawai yang memiliki kualitas terbaik. Manfaat lain dari CAT adalah transparan, objektif dab bebas KKN. Meskipun menjadi tahun pertama penggunaan CAT secara menyeluruh, pemerintah telah mengenalkan sistem CAT kepada masyarakat dengan diadakannya simulasi baik secara offline ataupun online.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: