Jatah Pelamar CPNS 2014


By | 05.05 Leave a Comment
Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2014 hanya diperbolehkan mengikuti tes dalam satu instansi, akan tetapi pelamar diberikan kesempatan untuk memilih tiga jabatan. Kepala Biro Hukum Komunikasi Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi, Herman Suryatman mengungkapkan pada tahun lalu satu pelamar bisa mengikuti tes dalam beberapa instansi, pelamar juga diberikan hak memilih instansi yang disukai. Untuk tahun sekarang sistemnya mulai diubah supaya lebih efesien.

Jatah Pelamar CPNS 2014

Herman Suryatman mengungkapkan tentang efesiensi mempunyai tujuan untuk menghemat anggaran seleksi, alasannya dalam pengadaan CPNS setiap peserta menghabiskan dana jutaan rupiah. Jika pelamar mengikuti tes di beberapa instansi maka bisa dihitung anggaran yang harus dikeluarkan. Supaya ada efesiensi pelamar hanya bisa mengikuti tes dalam satu instansi. Akan tetapi masing-masing instansi diberikan tiga kebebasan untuk memilih jabatan.

Untuk menjaga supaya tidak terjadi pelamar doble, Panitia Seleksi Nasional CPNS akan menyeleksi melalui pendaftaran online. Sistem tersebut merupakan sistem satu pintu yang akan dikendalikan Panselnas, sehingga tiap pelamar akan bisa terpantau. Herman menambahkan bagaimana bisa ikut tes di tempat lain, kalau namanya sudah terdaftar di instansi lain, untuk semua teknisnya telah di serahkan kepada Panselnas.


Dalam tes Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2014, setiap pelamar akan diuji dengan Tes Kompetensi Dasar (TKD), yang berupa intelegasi umum, tes wawasan kebangsaan, serta tes karakterisik pribadi. Setelah lulusa tahapan tersebut pelamar akan di lanjutkan dengan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Setelah itu dipastikan sejumlah kabupaten maupun kota yang berada di wilayah Indonesia akan mendapatkan jatayh kursi CPNS yang jumlahnya terbatas yang telah di sesuaikan dengan jumlah PNS yang telah pensiun, karena masih cukup banyak kabupaten ataupun kota yang porsi belanjan pegawainya masih berada diatas lima puluh persen.

Setelah itu berdasarkian informasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi yang akan memberikan kesempatan kepada para sarjana yang jurusannya tidak terdapat dalam formasi yang telah ditetapkan untuk mengatasi jabatan tertentu. Dengan demikian pengadaan tes CPNS pada tahun ini semuanya di berikan kebebasan untuk mendaftar sebagai abdi Negara, tetapi kebebasan tersebut dalam artian untuk menciptakan Pegawai Negeri Sipil yang berkualitas dan mampu mengembangkan pemerintahan yang berkembang lebih baik dari tahun sebelumnya.



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: