Penyelenggaraan TKD Mulai Hari Ini


By | 01.35 Leave a Comment
asncpns.com - Instansi pemerintah yang membuka penerimaan CPNS tahun ini sudah sebagian yang mengadakan Tes Kompetensi Dasar (TKD) mulai hari ini. TKD tahun ini diwajibkan untuk menggunakan sistem CAT berbasis komputer. Dalam pelaksanaannya 65 kementerian/lembaga akan menggunakan CAT BKN, sedangkan persiapan lainnya pemerintah juga menyediakan CAT UKG untuk menjangkau semua pelamar yang ada di daerah dan yang tidak memiliki kantor regional. Karena pendaftaran yang tidak serentak membuat pelaksanaan tes di setiap instansi pun tidak serentak tergantung kesiapan masing-masing instansi.

Penyelenggaraan TKD Mulai Hari Ini

Instansi pemerintah yang melaksanakan tes kompetensi dasar berbasis CAT BKN adalah Kementerian Kehutanan, Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla), dan Kementerian Perdagangan yang dimulai hari ini 22 September 2014. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN), Aris Windiyanto. Dikutip dari http://www.bkn.go.id

Pelamar yang mengikuti tes hari ini di kementerian/lembaga terkait adalah 3300 pelamar Kementerian Kehutanan yang tersebar di Kantor Pusat BKN dan kantor regional, 5062 pelamar CPNS Bakorkamla di Jakarta (mandiri), dan 1801 pelamar CPNS Kementerian Perdagangan menggunakan CAT BKN (mandiri). Sedangkan instansi daerah yang menggunakan CAT BKN dan akan dilaksanakan dalam waktu dekat adalah Pemerintah Provinsi Daerah Yogyakarta pada tanggal 23 September 2014, Selasa. Sebagai rekomendasi untuk materi pembelajaran TKD bisa mengakses www.paketlkit.com

Penggunaan CAT tahun ini harus mempersiapkan perlengkapan dua kali lipat dibanding dari tahun kemarin. Namun tahun 2013 juga menjadi cermin untuk penggunaan sistem CAT secara menyeluruh karena memiliki manfaat yang besar karena bersifat transparan, objektif, adil dan bebas KKN. Jumlah instansi yang menggunakan CAT pada tahun 2013 adalah 78 instansi dan tahun ini 387 instansi pemerintah daerah dan pusat. Dengan menggunakan sistem CAT peserta akan lebih mudah menjawab setiap soal karena tinggal mengklik mouse pada jawaban yang dianggap mudah. Berikut kisi-kisi soal CPNS 2014 http://www.asncpns.com/2014/07/kisi-kisi-soal-cpns-2014.html. Peserta juga akan mengetahui secara langsung skor yang didapat dari tes tersebut, dengan kriteria skor yang telah ditetapkan oleh panitia.

“Karena perhitungan nilai (skor) peserta dilakukan oleh computer secara akurat, hasil tes bersifat obyektif dan tidak dapat diubah-ubah,” jelas Aris Windiyanto. Penggunaan CAT diharapkan mampu mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah dalam hal seleksi CPNS. Karena setiap masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi abdi negara namun harus tetap memneuhi kriteria serta persyaratan yang telah ditetapkan. Pegawai Negeri Sipil merupakan jabatan professional dan persaingan harus berjalan sehat tanpa ada KKN.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: