Cara Mengoperasikan Sistem CAT UKG


By | 22.21 Leave a Comment
asncpns.com - Sistem CAT dari Uji Kompetensi Guru (UKG) menajdi salah satu fasilitas yang digunakan untuk tes CPNS tahun ini. Sistem ini memiliki fungsi yang sama dengan CAT BKN namun yang membedakannya adalah cara operasi dari sistem tersebut. Penggunaan sistem CAT menjadi wajib bagi seluruh instansi pemerintah yang membuka lowongan CPNS. Dengan menggunakan fasilitas UKG milik Kemendikbud seleksi CPNS 2014 bisa menjangkau peserta yang berada di daerah jauh sekalipun karena UKG ada disetiap kota/kabupaten yang tidak memiliki Kantor Regional (Kanreg).

Cara Mengoperasikan Sistem CAT UKG

Sistem CAT UKG bisa dioperasikan dengan menggunakan keyboard computer saat memilih jawaban. Misal jika akan memilih jawaban A, peserta tinggal mengketik huruf A dan begitupun yang lainnya. Sedangkan untuk berlanjut pada soal selanjutnya peserta hanya perlu menekan tombol spasi. Untuk memperkenalkan cara operasi CAT UKG telah diadakan simulasi CAT UKG di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) pada hari Kamis (11/09).

Soal yang disediakan harus dijawab dalam waktu tertentu, namun sebagai tips untuk mengerjakan soal tersebut peserta bisa memilih soal yang dianggap mudah terlebih dahulu sehingga waktu berjalan efektif. Jangan takut tidak bisa mengulang pada soal sebelumnya karena pada layar tercantum soal yang sudah dijawab dan yang belum dijawab. Tandanya adalah soal yang belum dijawab nomor soal menunjukkan warna merah sedangkan yang telah dijawab berwarna hijau, jika akan mengganti jawaban soal bisa tinggal langsung mengklik nomor soalnya saja.

Jika tidak ingin menggunakan keyboard computer bisa juga menggunakan mouse dan hanya tinggal mengklik jawaban yang tepat baik A, B, C, D atau E. Sedangkan untuk berlanjut pada soal selanjutnya tinggal klik tanda panah di sebelah kanan atas layar. Peserta memiliki waktu 90 menit untuk menjawab 100 soal. Soal pada tes kompetensi dasar ini terdiri dari 3 komponen soal yang materinya bisa dipelajari di Paket LKIT 2014. Setelah selesai mengerjakan semua soal peserta tinggal mengklik gambar telapak tangan yang terdapat pada bagian kanan atas.

Tidak ada yang sulit karena semua aturannya telah dijelaskan dan diberikan contohnya kepada masyarakat melalui simulasi yang digelar oleh KemenPAN RB dan pemangku kepentingan yang lainnya. Simulasi CAT CPNS saat ini juga bisa dilakukan secara online sehingga tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk mencobanya. Kementerian PAN RB, Azwar Abubakar mengungkapkan bahwa pemerintah daerah yang akan menggunakan aplikasi dari BKN atau UKG untuk mengkoordinasikan terlebih dahulu kepada LPMP sebagai sebagai perwakilan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan (BPSDMP) Kemendikbud di provinsi masing-masing. Penggunaan UKG bisa dijangkau oleh semua peserta karena tersebar di 33 provinsi di Indonesia.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: