Pendaftaran Online CPNS Formasi Khusus


By | 21.23 Leave a Comment
asncpns.com - Pendaftaran online untuk formasi khusus tahun 2014 akan segera dibuka oleh pemerintah. Formasi khusus merupakan formasi yang ditujukan untuk pelamar khusus yang memiliki kualifikasi berbeda dari pelamar umum dinataranya adalah putra/putri lulusan terbaik, atlit berprestasi dan pelatih berprestasi, putra/putri Papua dan untuk pelamar berkebutuhan khusus atau disabilitas. Semua kalangan memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi abdi Negara namun tetap harus menyesuaikan dengan kualifikasi yang ditetapkan oleh pemerintah. Pendaftaran formasi khusus sama halnya dengan pendaftaran dari formasi umum yaitu secara online pada portal panselnas.

Pendaftaran Online CPNS Formasi Khusus

Formasi Putra/Putri Lulusan Terbaik

Formasi ini ditujukan untuk pelamar yang berprestasi lulusan terbaik dari lembaga perguruan tinggi yang terakreditasi A. Formasi ini menjadi salah satu apresiasi dari pemerintah untuk putra/putri bangsa yang memiliki kualifikasi tersebut dan di koordinasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pelamar yang dinyatakan lulus pada tiap tahapan seleksi akan ditempatkan di kementerian/lembaga terkait tergantung formasi yang dipilihnya saat mendaftar. Jumlah alokasi yang disediakan pun cukup banyak yaitu 200 lowongan.

Atlit Berprestasi dan Pelatih Berprestasi

Formasi ini di koordinasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan alokasi sebanyak 200 lowongan. Prestasi dalam bidang olahraga menjadi salah satu tujuan pemerintah untuk merangkul putra/putri bangsa atas prestasi yang dipersembahkan untuk Negara. Pencapaian besar dan kemampuan yang dimiliki harus ditularkan kepada generasi penerus bangsa untuk menorehkan prestasi yang sama khususnya dalam bidang olahraga.

Putra/Putri Papua

Kesempatan yang sama untuk menjadi Aparatur Sipil Negara juga bisa dirasakan oleh putra/putri asli Papua dengan kualifikasi pendidikan yang telah tercantum. Sebagai koordinator untuk formasi ini adalah Unit Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat (UP4B) yang juga menjadi salah satu instansi tujuan para pelamar CPNS tahun 2014 yang tercantum pada website panselnas. Penempatan pelamar yang dinyatakan lulus adalah di kementerian/lembaga yang telah ditetapkan dengan jumlah alokasi sebanyak 165 lowongan.

Formasi Untuk Disabilitas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa penerimaan CPNS formasi khusus untuk disabilitas mendapat alokasi yang lebih banyak dibanding pada tahun sebelumnya. Formasi yang disediakan adalah sebanyak 300 formasi dengan penempatan di kementerian/lembaga seluruh Indonesia. Namun untuk formasi masih sama seperti sebelumnya yaitu untuk pranata komputer, pranata humas, penyuluh sosial dan lainnya.

Setiap formasi yang tersedia untuk pelamar jalur khusus tersebut bisa diakses pada website http://panselnas.menpan.go.id beserta persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh pelamar. Sampai saat ini pendaftaran online untuk formasi khusus belum dibuka dan masih dalam proses, sedangkan untuk instansi pemerintah yang telah membuka pendaftaran CPNS online untuk jalur umum sebanyak 368 instansi. Pelaksanaan tes sendiri telah dimulai sejak kemarin tanggal 22 September 2014 secara tidak serentak, memungkinkan adanya Tes Kompetensi Dasar setiap hari.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: