Perbaiki CAT Untuk Hindari Kecurangan


By | 03.28 Leave a Comment
asncpns.com - Kecurangan yang sering terjadi pada penerimaan CPNS menjadi tugas yang serius untuk pemerintah, sehingga BKD Jawa Tengah khususnya berupaya memperbaiki sistem Computer Assisted Test (CAT) untuk menghindari kecurangan tersebut. Sistem CAT merupakan salah satu tahapan tes CPNS yang harus dilewati oleh para pelamar, apalagi sistem ini wajib digunakan oleh seluruh instansi yang membuka penerimaan CPNS 2014.

Perbaiki CAT Untuk Hindari Kecurangan

Sistem ini digunakan bagi pelamar untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar, hal ini sangat penting untuk mewujudkan profesionalisme PNS. Penggunaan sistem CAT bisa mempercepat dan mempermudah dalam proses pemeriksaan dan penilaian laporan hasil ujian apakah peserta lulus atau tidak dengan penilaian yang dilakukan, serta menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional.

Menurut Kepala BKD Jawa Tengah Suko Mardiono, saat ini banyak pihak yang menyebarkan isu tersebut hanya untuk memperoleh keuntungan pribadi.

“Kami berusaha mengantisipasi hal tersebut dan mengimbau masyarakat agar tidak mempercayai pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan pribadi dalam seleksi CPNS ini,” ujarnya.

BKD Jateng menghimbau masyarakat agar melaporkan kepada pihak yang berwajib jika mengetahui keberadaan para calo CPNS agar tidak terjadi hal yang melanggar aturan. Masyarakat bisa melaporkan hal itu ke kepolisian atau pos pelayanan informasi dan pengaduan masyarakat di kantor BKD Jawa Tengah.

Agar tidak terjadi kebocoran soal, sistem CAT ini menggunakan sistem pengacakan soal dan soal hanya bisa di lihat ketika peserta sudah berada di ruangan saja, sehingga bisa meminimalisir kecurangan. Aturan lain dalam pelaksanaaan tes ini peserta tidak diperbolehkan membawa barang electronic ke dalam ruangan. KemenPAN-RB meyakini bahwa dengan menggunakan sistem CAT akan mengurangi tindakan hal yang tidak sesuai dengan aturan.

Pemerintah dan Badan Kepegawaian Daerah Jawa Tengah terus meyakini masyarakat bahwa menggunakan sistem CAT bisa memperkecil terjadinya kecurangan. Sistem CAT diharapkan mampu mengembalikan rasa kepercayaan masyarakat dalam hal seleksi CPNS yang bebas KKN dan tidak di pungut bayaran.

BKD Jawa tengah mengharapkan agar seleksi CPNS mendatang bisa lebih baik dan bisa menjaring calon abdi negara yang berintegritas baik. Sehingga PNS yang diterima adalah PNS yang berkualitas dengan hasil murni dan memang benar benar mampu di tempatkan bidangnya.

Sedangkan Kementerian PAN RB selaku kemeterian yang menangani masalah kepegawaian menilai terkait lemahnya keamanan dalam seleksi CPNS KemenPAN-RB akan mengadakan kerja sama dengan berbagai elemen seperti lembaga sandi negara, BPPT, BPKP, Ombudsman, ICW, bahkan kepolisian dan BIN ikut mendukung dalam proses seleksi CPNS 2014 agar proses ini berlangsung secara aman. Dan KemenPAN-RB menjamin seleksi tahun ini akan bersih dari tindakan KKN dan tidak ada pungutan bayaran apapun sehingga masyarakat tidak lagi beranggapan buruk dan menganggap tes CPNS ini selalu mengalami kecurangan.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: