Formasi CPNS Baru Dicurangi Pemda


By | 04.01 Leave a Comment
asncpns.com - Formasi CPNS untuk tahun 2014 dicurangi Pemda. Kecurangan tersebut terdapat dalam penetapan formasi yang dibutuhkan oleh instansi daerah. Terutama untuk CPNS formasi guru yang saat ini jumlahnya masih jauh dari kata ideal. Kekurangan ini direspon oleh Kemendikbud yang ternyata ditemukan banyaknya Pemda yang curang terhadap CPNS baru.

Tahun ini formasi guru termasuk yang paling banyak mendapat alokasi dari pemerintah. Jumlah tersebut akan disebarkan untuk kekurangan guru di berbagai daerah. Sedangkan untuk pelaksanaan tes CPNS 2014 secara umum telah dimulai sejak akhir September kemarin.

Formasi CPNS Baru Dicurangi Pemda

Selain kecurangan terhadap penetapan formasi, kecurangan yang biasa ditemukan pada penerimaan CPNS adalah diantaranya sogok menyogok, menjual soal ujian dan kunci jawaban. Kecurangan lain tidak transparannya kelulusan CPNS, tidak transparannya seleksi administrasi, percaloan, dan lainnya.
Namun untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan berulang pada tahun ini pihak Panitia Seleksi CPNS mengadakan tes ujian dengan sistem CAT yang bersifat transparan, objektif dan bebas KKN. Apalagi peserta bisa langsung tahu nilainya saat itu juga, sehingga meminimalisir terjadinya kecurangan. Meskipun begitu tetap saja masih ada yang meragukan sistem CAT ini.

Agar tidak terjadi kebocoran soal, sistem CAT ini menggunakan sistem pengacakan soal dan soal tersebut hanya bisa dilihat ketika peserta sudah berada di ruangan saja.

Untuk kecurangan penetapan formasi telah dibeberkan oleh Direktorat (P2TK) Ditjen Pendidikan Dasar Sumarna Surapranata terutama untuk penetapan formasi CPNS guru. Beliau mencontohkan adanya kekurangan salah satu guru bahasa Indonesia namun dalam CPNS baru justru dialokasikan untuk mata pelajaran matematika. Hal tersebut banyak digunakan di daerah tertentu dengan berbagai alasan.
Saat ini penetapan formasi digunakan secara terpusat karena untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran oleh jajaran pemda tersebut. Sekarang penetapan CPNS ini benar-benar berdasarkan kebutuhan rill di pemda. Contohnya, apabila yang kurang adalah mata pelajaran bahasa Indonesia maka pengisian CPNS baru dibuka untuk mata pelajaran bahasa Indonesia.

Sampai saat ini kondisi ideal masih sangat jauh untuk guru PNS seperti yang tercantum dalam Rekapitulasi Kemendikbud. Rekapitulasi menunjukkan jika seluruh pelamar CPNS baru di Kemendikbud mencapai 130.263 orang. Rinciannya adalah 82.115 pelamar sudah terkonfirmasi dan sisanya sebanyak 48.148 pelamar belum terkonfirmasi.

Dan untuk jumlah guru ideal untuk jenjang SMP adalah 382.390 orang. Jumlah guru di jenjang SMP saat ini ialah 284.812 dan masih banyak kekurangan sekitar 97.578 orang. Kekurangan CPNS guru yang cukup besar tersebut bisa ditutupi dengan tenaga honorer yang menjabat sebagai guru honorer yaitu sebanyak 78.669 orang.

Selain sistem yang diperbaiki, usaha dari masing-masing peserta pun harus maksimal karena dengan sistem yang ketat harus disesuaikan dengan kemampuan serta pengetahun yang dimiliki, direkomendasikan untuk mempelajari Paket LKIT 2014 yang bisa di akses di www.paketlkit.com

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: