Anak Pejabat Dominasi Formasi Penerima Beasiswa


By | 20.59 Leave a Comment
asncpns.com - Formasi khusus CPNS untuk penerima beasiswa di daerah saat ini masih didominasi oleh anak pejabat, kalangan atau kerabat. Formasi ini banyak diminta oleh pemerintah daerah dan rencananya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) akan menggodok formasi tersebut, baik untuk persyaratan atau pun untuk penerimaan nantinya. Persyaratan dan ketentuan tentunya akan berbeda dengan formasi umum lainnya yang disediakan oleh pemerintah karena akan berlaku ketentuan mengikat pada formasi ini.

Anak Pejabat Dominasi Formasi Penerima Beasiswa

Tahun ini, panitia seleksi juga telah membuka beberapa formasi khusus yang bisa dilamar oleh peserta yang tentunya memiliki kemampuan, pengetahuan dan kepribadian yang khusus juga. Diantaranya adalah formasi khusus untuk disabilitas, formasi untuk atlet berprestasi, untuk guru yang bekerja di wilayah 3T, formasi khusus lulusan terbaik dan putra putri Papua. Untuk pendaftaran sendiri disamakan dengan formasi umum yaitu secara online pada portal nasional milik Panitia seleksi nasional (Panselnas).

Untuk formasi khusus penerima beasiswa akan dimusyawarahkan dengan Kementerian Dalam Negeri, karena yang akan bertugas sebagai kordinator formasi ini adalah Kemendagri. Persyaratan  akan disamaratakan semuanya, saat ini formasi CPNS penerima beasiswa belum bisa diberikan karena persyaratan yang berbeda tergantung kebijakan masing-masing daerah. “Sebelum formasi CPNS khusus penerima beasiswa diberikan, syarat penerima beasiswa harus diseragamkan dulu. Persyaratan nanti akan ditentukan Kemendagri,” jelas Kabid Pengadaan Aparatur KemenPAN RB, Syamsul Rizal. Dikutip dari jpnn

Pada dasarnya beasiswa ditujukan untuk anak-anak cerdas dengan tingkat ekonomi yang rendah, namun nyatanya beasiswa ini masih banyak didominasi oleh anak kalangan pejabat. Sehingga sebelum formasi khusus diberikan harus diluruskan terlebih dahulu mulai dari awal siapa yang berhak menerima beasiswa dan formasi yang disediakan untuk penerima beasiswa tersebut.

Formasi khusus yang disediakan pada tahun ini mendapat kuota yang lumayan banyak, masing-masing di koordinatori oleh Kementerian atau Lembaga terkait. Dengan ini, semua lapisan masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi abdi Negara asalkan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan sebelumnya. Sebagian besar formasi khusus yang disediakan sudah menutup pendaftarannya dan akan melakukan tes pada tahap selanjutnya.

Pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar untuk penerimaan CPNS 2014 seperti telah diketahui wajib menggunakan sistem CAT. Selain memberikan kemudahan dalam pelaksanannya diharapkan juga mampu menjaring peserta yang berintegritas dan berkemampuan tinggi karena cerdas bukan penentu utama kelulusan. Sehingga peserta bisa terlebih dahulu mempersiapkan diri dengan mempelajari kisi kisi soal CPNS. asncpns.com merekomendasikan untuk mempelajari Paket LKIT 2014 yang bisa diakses pada www.paketlkit.com

Proses seleksi CPNS sendiri diperkirakan akan terus berlangsung sampai akhir tahun nanti karena beberapa tahap seleksi tidak dilaksanakan secara serentak mulai dari pendaftaran, tes sampai pengumuman kelulusan.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: