Penerimaan CPNS Sesuai Jadwal Panselnas


By | 18.32 Leave a Comment
asncpns.com - Penerimaan CPNS tahun depan disesuaikan dengan jumlah formasi yang dibuka oleh panselnas. Pemerintah rencananya akan membatasi penerimaan CPNS untuk meningkatkan kualitas pegawai yang telah memiliki jabatan di pemerintahan yaitu dengan memberlakukan moratorium mulai tahun depan dan diperkirakan sampai lima tahun mendatang. Saat ini jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indonesia mencapai jumlah yang tinggi dan beban negara untuk belanja pegawai mencapai 81% dari APBN, maka diperlukan langkah efisiensi untuk mengatur jumlah pegawai serta belanja pegawai yang diperlukan.

Penerimaan CPNS Sesuai Jadwal Panselnas

Namun moratorium yang diterapkan tidak bersifat kaku yang berarti bahwa beberapa formasi tetap akan dibuka pada penerimaan nanti seperti tenaga pendidik dan tenaga kesehatan yang memang masih membutuhkan banyak pegawai. Pemerintah tidak bisa begitu saja memberhentikan penerimaan CPNS, namun begitu bukan berarti juga bahwa semua harus menjadi PNS. “Tidak semua harus menjadi PNS. Harus dipilih yang berkualitas dan berjiwa mengabdi,” jelas Yuddy Chrisnandi, MenPANRB. Karena sifatnya yang tidak kaku, jabatan fungsional yang bersifat langka juga rencananya akan tetap dibuka.

Penerimaan CPNS setiap tahunnya mengharuskan para peserta mendaftar secara resmi sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh panselnas. Jika tidak ada jadwal penerimaan dari panselnas, maka kebijakan pemerintah pusat untuk melakukan penerimaan CPNS tetap tidak bisa dilaksanakan. Dengan sejumlah tahapan seleksi akan muncul rasa bangga atas jerih payah untuk menjadi abdi negara.

Diluar ketetapan panitia seleksi nasional masyarakat harus bisa membedakan, bisa jadi penerimaan yang tidak sesuai dengan aturan merupakan salah satu bentuk modus penipuan. Seperti yang ditemukan pada penerimaan CPNS tahun ini yaitu penerimaan Jalur Kebijakan padahal telah diketahui bahwa penerimaan CPNS 2014 hanya terdiri dari dua jalur yaitu jalur umum dan jalur khusus.

Masalah efisiensi pegawai sangat berkaitan dengan keuangan negara, jika keuangan negara membaik dan memungkinkan untuk dilaksanakannnya penerimaan CPNS, pada tahun ke tiga mungkin saja moratorium diberhentikan. Kebijakan-kebijakan lain juga diterapkan untuk meningkatkan efisiensi pegawai, seperti SE yang dikeluarkan oleh Menpan serta kerjasama dengan beberapa lembaga negara Badan Intelejen Negara (BIN), KPK dan BNN. Pemerintah gencar melaksanakan kebijakan guna memperbaiki sistem kepegawaian yang lebih baik sesuai dengan Nawa Cita Presiden RI.

Untuk penerimaan CPNS tahun anggaran 2014 masih dalam tahap seleksi yang terdiri dari TKD dan TKB (bagi instansi yang melaksanakan). Pengumuman kelulusan akan diumumkan secara berturut-turut atau tidak serentak karena masing-masing instansi melaksanakan tes sesuai jadwalnya sendiri. Peserta yang telah lulus TKD dan akan mengikuti seleksi TKB di instansi daerah direkomendasikan untuk mempelajari Paket LKIT TKB Pemda, sedangkan jika jenis tes TKB nya adalah wawancara bisa mempelajari Jebol Wawancara.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: