Jabatan Fungsional Tidak Terkena Moratorium


By | 17.36 Leave a Comment
asncpns.com - Jabatan fungsional yang langka tidak akan terkena moratorium. Seperti yang telah diketahui bahwa moratorium akan diberlakukan selama 5 tahun ke depan dan dimulai pada tahun 2015 nanti, yang berarti bahwa penerimaan CPNS akan ditunda selama 5 tahun ke depan. Namun moratorium ini tidak diberlakukan kepada semua jabatan, seperti yang telah disebutkan di awal jabatan fungsional yang langka tetap akan dibuka kesempatan. Tujuan dari pelaksanaan moratorium ini adalah untuk meningkatkan efektifitas pegawai dan menata organisasi kepegawaian sehingga nantinya bisa diketahui apakah instansi masih membutuhkan pegawai atau tidak.

Jabatan Fungsional Tidak Terkena Moratorium

Calon pegawai yang nantinya akan ditempatkan untuk jabatan fungsional tertentu tidak akan terkena moratorium seperti lulusan dari sekolah ikatan dinas. Tapi tidak semua sekolah kedinasan yang bisa melakukan penerimaan, ini hanya berlaku untuk lulusan Badan Statistik, Sekolah Tinggi Akuntan Negara, Akademi Maritim, dan lainnya. “Nanti akan dikaji lagi jenis-jenis lulusan ikatan dinas yang tidak masuk moratorium,” jelas Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), Setiawan Wangsaatmaja.

Secara umum pengecualian moratorium memang berlaku untuk tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. Karena sifatnya yang tidak kaku, maka banyak instansi yang mengajukan untuk masuk dalam pengecualian tersebut dengan alasan kebutuhan pegawai masih sangat tinggi seperti usulan dari Kementerian Keuangan. Instansi lainnya masih banyak yang memiliki keinginan untuk tidak masuk dalam moratorium, namun kondisi ini agar tidak disikapi secara apatis karena organisasi harus tetap berjalan dan diperlukan langkah kebijakan untuk menghadapinya.

Jika jabatan fungsional tertentu dan sifatnya langka tidak masuk moratorium, maka berbanding terbalik untuk jabatan fungsional umum. Jabatan ini tetap masuk moratorium karena sebagian besar Aparatur menempati jabatan fungsional umum atau administrasi.

Terlepas dari kebijakan moratorium, saat ini penerimaan CPNS masih tetap berjalan dan ini mungkin menjadi tahun terakhir penerimaan CPNS sebelum diberlakukannya moratorium. Seleksi penerimaan masih berjalan sesuai dengan aturan penemerimaan CPNS 2014. Sebagian telah melakukan tes kompetensi dasar dan sebagian lagi ada yang telah memasuki tes kompetensi bidang bahkan untuk provinsi Jawa Barat saat ini masih dalam tahap pendaftaran. Untuk bisa bersaing dengan pelamar lainnya tentu diperlukan pengetahuan serta keterampilan yang cukup, salah satunya adalah dengan belajar terlebih dahulu sebelum pelaksanaan tes dimulai. Asncpns merekomendasikan untuk mempelajari Paket LKIT 2014 dan LKIT TKB.

Jauh jauh hari Kementerian PAN RB telah meminta Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk menyusun skema moratorium yang bisa diterapkan nantinya. Dan bisa saja moratorium tidak diberlakukan sesuai jadwal 5 tahun jika kondisi keuangan negara dan hal lainnya telah memungkinkan. Untuk meningkatkan efisiensi pegawai beberapa instansi juga menerapkan aturan yang berlaku untuk lingkungannya masing-masing.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: