Formasi CPNS 2015 Ditetapkan Pertengahan Tahun


By | 19.49 Leave a Comment
asncpns.com - Formasi CPNS tahun 2015 diperkirakan akan ditetapkan pada pertengahan tahun nanti. Pemerintah telah meminta semua instansi untuk memasukan data kebutuhan pegawai melalui sistem elektronik karena bisa menghemat waktu dan menghemat biaya. Meskipun telah ditentukan bahwa akhir pengumpulan data adalah akhir bulan April namun tetap saja tetap harus dipercepat. Mengenai moratorium yang dilaksanakan pada tahun ini tidak berlaku untuk tenaga pendidik dan tenaga medis sehingga penerimaan CPNS akan tetap berlangsung.

Formasi CPNS 2015 Ditetapkan Pertengahan Tahun

Pengajuan atau data mengenai kebutuhan pegawai nantinya akan dijadikan sebagai penentu dari jumlah formasi yang akan disediakan oleh pemerintah. “Penetapan formasi setelah bulan April. Nantinya dari pengajuan formasi akan kita evaluasi dulu setelahnya kita tetapkan formasi,” jelas Setiawan Wangsaatmaja, Deputi SDM Kementerian PANRB. Untuk menetapkan jumlah formasi yang akan diberikan kepada masing-masing instansi maka diperlukan data analisis jabatan, analisis beban kerja, kebutuhan riil dan kebutuhan pegawai di masa yang akan datang.

Meskipun tenaga medis dan tenaga pendidik tidak terkena moratorium namun kuota yang disediakan masih belum bisa ditentukan sampai e-formasi telah diisi oeh setiap instansi. Beberapa formasi lain yang tidak akan terkena moratorium adalah jabatan fungsional yang bersifat langka. Instansi juga perlu memberikan data kepada KemenPAN jika memiliki sekolah kedinasan, rencananya jabatan dari lulusan sekolah kedinasan tidak akan di moratorium.

Yang paling penting saat ini adalah jumlah formasi akan diketahui jika instansi telah memasukkan datanya pada sistem e formasi.

Terlepas dari penerimaan CPNS tahun 2015, untuk CPNS yang telah dinyatakan lulus CPNS 2014 mulai bulan Januari ini pemberkasan NIP sudah dimulai. Sebagian besar intansi mengumumkan hasil kelulusan pada bulan November, meski sebagi memang masih ada yang melaksanakan tes pada bulan Desember. Pemberkasan NIP dilakukan setelah adanya pengumuman kelulusan dari instansi dilanjutkan dengan SK pengangkatan oleh masing-masing instansi yang juga menjadi sebagai awal untuk pembayaran gaji CPNS.

Pemberkasan NIP tidak membutuhkan waktu yang lama hanya butuh waktu 14 hari kerja, yang menjadi penghambat lamanya proses pemberkasan adalah data yang bermasalah. Seperti yang diungkapkan oleh Tumpak Hutabarat, Karo Humas dan Protokol BKN, “Kalau berkas lengkap prosesnya cepatlah. Yang bikin lama kan dokumennya bermasalah, harus di cek lagi.” Kembali lagi pada masing-masing pegawai dan instansi apakah berkas yang dikirimkan telah sesuai dengan aturan atau belum. Selain itu jika instansi sudah mengajukan pemberkasan maka penetapan NIP akan dilakukan pada bulan ini.

Penetapan formasi untuk penerimaan CPNS tahun 2015 bisa melalui tiga langkah yaitu minus growth bagi daerah yang anggaran belanja pegawainya telah melebihi 50 persen, zero growth untuk dareah yang anggaran belanjanya masih berkisar 25-50 persen sehingga masih dimungkinakn untuk penambahan pegawai dengan aturan menggantikan pegawai yang pensiun. Sedangkan yang terakhir adalah growth untuk daerah yang anggarannya di bawah 25 persen.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: