CPNS 2015 Usulan Formasi Diperketat


By | 22.21 Leave a Comment
asncpns.com - Penerimaan CPNS tahun 2015 tetap akan dilaksanakan namun untuk usulan formasi akan diperketat. Moratorium yang direncanakan tahun depan tidak bersifat kaku sehingga penerimaan masih dilaksanakan terutama untuk jabatan fungsional seperti guru dan tenaga kesehatan. Sebelumnya Menteri PAN-RB telah meminta kepada setiap instansi untuk menghitung jumlah pegawai negeri sipil yang akan pensiun pada tahun 2015, data ini nantinya akan dimasukkan dalam sistem e-formasi. Dari data tersebut pemerintah akan lebih mudah mendapatkan gambaran seberapa besar instansi membutuhkan pegawai baru. Pengisian e-formasi sendiri harus selesai sampai bulan April 2015 nanti.

CPNS 2015 Usulan Formasi Diperketat

Penggunaan e-formasi dalam menentukan jumlah kebutuhan pegawai seperti yang disebutkan oleh Menpan RB, Yuddy Chrisnandi, “Seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah harus menyelesaikan e-formasi paling lambat akhir April 2015.” Jika e-formasi telah selesai langkah selanjutnya adalah pelaksanaan seleksi CPNS untuk anggaran tahun 2015, jumlah formasi yang diberikan oleh pemerintah tidak akan begitu saja karena diperketat maka instansi yang telah kelebihan pegawai tidak akan diberikan formasi lagi.

Selain dapat menentukan kebutuhan pegawai, sistem e-formasi juga bisa digunakan sebagai gambaran dari struktur organisasi, pemetaan jabatan dan lainnya yang berhubungan dengan kepegawaian. Namun sampai saat ini jumlah formasi yang akan disediakan untuk penerimaan CPNS 2015 belum bisa diketahui jumlahnya masih harus menunggu sampai data kebutuhan riil pegawai di setiap instansi tersedia. Selain itu, instansi juga harus melampirkan analisis beban kerja (ABK) pada e-formasi tersebut.

Penambahan pegawai baru hanya akan dilakukan kepada instansi yang jumlah pegawainya masih minim dan belanja pegawainya masih di bawah 70 persen, lebih dari itu pemerintah tidak akan memberikan formasi lagi. Prioritas jabatan CPNS 2015 selain akan bertumpu pada jabatan fungsional seperti guru dan tenaga kesehatan, juga akan diperbanyak untuk jabatan fungsional lainnya seperti pengawas, analis, auditor, peneliti, penyuluh pertanian, perikanan dan kelautan. Pemerataan jumlah pegawai di setiap instansi di harapkan nantinya bisa membuat perkembangan yang merata tidak hanya pada satu daerah saja tetapi menyeluruh.

Sampai saat ini seleksi penerimaan CPNS 2014 masih dalam tahap proses belum semua instansi selesai sehingga memungkinkan bahwa awal tahun 2015 masih digunakan untuk melanjutkan pelaksanaan seleksi CPNS tahun anggaran 2014. Penyelenggaran seleksi CPNS 2015 baru akan dilaksanakan jika CPNS 2014 sudah rampung dan selesai semua. Dikutip dari jpnn

Untuk tahun ini, Kemendikbud juga membuka penerimaan CPNS formasi guru untuk wilayah 3T dan pelamar yang bisa mendaftar adalah semua lulusan PPG dan telah mengikuti program SM3T. Jumlah lowongan yang disediakan adalah sebanyak 1.000 lowongan dan peserta yang lulusa nantinya akan ditempatkan di 29 daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T).

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: