Masih Ada Pemda Belum Tes CPNS


By | 17.52 Leave a Comment
asncpns.com - Masih ada pemda yang belum melaksanakan tes CPNS 2014 per tanggal 27 Januari 2015. Jumlah pemda yang belum melaksanakan tes adalah 40 pemda dengan rincian 35 pemda merupakan kota/kabupaten yang berada di Papua dan Papua Barat, sedangkan 5 pemda sisanya mengundurkan diri dan tidak menyelenggarakan seleksi CPNS 2014. Secara umum, sampai saat ini seleksi CPNS tahun anggaran 2014 sudah memasuki tahap pengumuman kelulusan yang dilanjutkan dengan pemberkasan dokumen untuk proses penetapan NIP. Proses pemberkasan NIP tidak membutuhkan waktu yang lama, tergantung pada masing-masing instansi yang mengajukan pemberkasan. Meskipun sudah banyak yang mengumumkan kelulusan, namun belum semua formasi yang diajukan pemberkasan NIP nya.

Masih Ada Pemda Belum Tes CPNS

Kelulusan yang dilakukan secara bertahap merupakan akibat dari pendaftaran dan pelaksanaan tes yang berbeda. Sampai tanggal 27 Januari, instansi pusat yang mendapatkan formasi penerimaan tahun 2014 adalah sebanyak 69 instansi pusat, dari jumlah tersebut 45 instansi telah mengumumkan kelulusannya. Untuk provinsi hanya 2 yang belum melaksanakan tes yaitu Provinsi Papua dan Papua Barat. Rekrutmen ini rencananya akan dilakukan bersamaan dengan penerimaan khusus putra/putri Papua dengan system off line.

Sedangkan untuk kabupaten/kota (kecuali 40 kota/kabputen) semuanya telah melakukan penerimaan CPNS dan baru 190 yang mengumumkan kelulusan. Seperti yang diungkapkan oleh Yuddy Chrisnandi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, “Sudah ada 190 Kabupaten/Kota yang telah mengumumkan kelulusan, dan Kabupaten/Kota selebihnya sedang dalam proses pemeringkatan.”

Tahun ini, penerimaan CPNS tidak akan diberhentikan sementara (moratorium), dan kebijakannya akan tercantum dalam intruksi presiden yang masih dalam proses penyelesaian. Rancangannya sendiri telah diserahkan kepada Presiden sejak tanggal 29 Desember 2014 lalu. Namun, moratorium ini tidak akan berlaku bagi beberapa formasi seperti tenaga pendidik dan tenaga kesehatan, sehingga rencananya akan tetap dilaksanakan penerimaan bagi kedua formasi ini. Jumlah formasi yang dipersiapkan untuk formasi tersebut belum dapat diketahui. Pemerintah telah meminta kepada setiap instansi untuk melakukan analisa jabatan dan analisa beban kerja agar diketahui jumlah kebutuhan pegawai pada tahun ini.

Selain melalui jalur umum, pemerintah pada tahun 2014 membuka penerimaan untuk jalur khusus yang terdiri dari 4 formasi Putra/Putri lulusan terbaik, SM3T masih sedang dalam tahap pelaksanaan TKD, Putra putri Papua, Atlit berprestasi dan disabilitas telah melaksanakan TKD dan tengah memasuki tahap pengolahan data. Jalur khusus diperuntukkan bagi pelamar khusus yang memiliki kualifikasi tertentu, tidak semua pelamar bisa mendaftar pada formasi ini.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: