Panselnas Selesai Verifikasi Data Hasil Tes CPNS


By | 18.42 1 comment
asncpns.com - Panselnas telah selesai melakukan verifikasi data atas hasil kelulusan tes CPNS di hampir seluruh instansi yang melakukan rekrutmen CPNS tahun 2014. Jumlah instansi yang mendapatkan formasi dan melakukan seleksi adalah 424 instansi yang terdiri dari 69 instansi pusat, 26 provinsi dan 329 kabupaten/kota. Namun dari sejumlah instansi yang telah mengambil datanya masih belum mengumumkan kelulusan pesertanya. Padahal tahapannya adalah setelah verifikasi data oleh Panselnas kemudian diambil oleh masing-masing instansi untuk diumumkan kepada para peserta tes.

Panselnas Selesai Verifikasi Data Hasil Tes CPNS

Selain belum diumumkan, masih ada 11 instansi yang belum juga mengambil data tersebut ke Panselnas. “Panselnas sudah merampungkan hampir seluruh instansi yang melaksanakan seleksi CPNS. Namun, kecepatan Panselnas ini tidak dibarengi dengan instansi pusat/daerah yang masih saja belum mengumumkan hasil tesnya,” jelas Herman Suryatman, Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik Kemen PAN RB.

Pengumuman kelulusan memang tidak dilaksanakan secara serentak karena merupakan dampak dari pendaftaran dan pelaksanaan tes yang tidak serentak pula. Namun disaat panitia seleksi nasional telah mempercepat proses verifikasi data agar segera diumumkan kepada peserta dan selanjutnya adalah pengajuan instansi untuk pemberkasan NIP kepada BKN. Selain itu untuk pemberkasan NIP sendiri, BKN telah merampungkan setengah dari jumlah pengajuan yang diajukan oleh instansi, sebagian lagi masih banyak yang belum mengajukan ke BKN.

Per tanggal 29 Januari 2015, jumlah instansi yang telah mengambil hasil tes adalah 412 instansi yang terbagi atas 68 instansi pusat, 26 provinsi dan 318 kabupaten/kota. Sisanya adalah instansi kabupaten/kota yang belum mengambil hasil tes nya. Padahal Panselnas telah memberikan informasi kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk segera mengambil hasil tes, namun ternyata belum ada tanggapan dengan dibawanya hasil tersebut.

Penerimaan CPNS tahun 2014 terhitung cukup banyak dibandingkan dengan kuota pada tahun-tahun sebelumnya. Perdana, rekrutmen CPNS menggunakan system CAT yang diwajibkan bagi seluruh instansi juga dengan diterapkannya sistem passing grade. Dari jumlah formasi yang disediakan, banyak formasi kosong yang tidak terisi baik itu karena kurang peminatnya, atau karena yang bersangkutan tidak lulus tes dan tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Jumlah formasi yang tidak terisi di setiap instansi masih dibiarkan sebelum nantinya apakah akan digabung dengan kuota formasi di tahun ini ataukah seperti apa belum ada keputusan yang jelas dari pemerintah.

Untuk saat ini, pemerintah masih fokus pada penyelesaian tahapan seleksi CPNS 2014 karena rencananya tahun 2015 akan dilakukan moratorium atau pemberhentian sementara kecuali untuk beberapa formasi yang dianggap masih sangat membutuhkan banyak tenaga seperti formasi pendidik dan formasi kesehatan. Jumlah formasi yang akan disediakan belum diketahui jumlahnya, namun yang pasti penerimaan CPNS kali ini akan berlangsung lebih ketat.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar: