Formasi Tak Terisi Masih Dibiarkan Kosong


By | 18.11 Leave a Comment
asncpns.com - Formasi CPNS 2014 yang tidak terisi masih dibiarkan kosong. Pemerintah belum menentukan jumlah formasi kosong tersebut akan ditambahkan untuk kuota tahun 2015 atau tidak. Saat ini masih fokus pada pengumuman hasil kelulusan dan memasuki pemberkasan atau registrasi dokumen. Jumlah kuota CPNS yang disediakan oleh pemerintah untuk tahun anggaran 2014 adalah 100 ribu, 65 ribu untuk PNS dan sisanya untuk PPPK. Setelah tahapan seleksi selesai baru diketahui beberapa formasi yang kosong baik itu karena tidak ada peminatnya ataupun alasan lainnya.

Formasi Tak Terisi Masih Dibiarkan Kosong

Berapa jumlah formasi yang kosong tersebut belum ada kepastiannya, seperti yang diungkapkan oleh Kepala Biro Hukum Informasi dan Komunikasi Publik KemenPAN RB, Herman Suryatman, “Datanya masih ada di panselnas. Saya belum dapat kepastiannya”. Sebagian besar diantaranya adalah karena yang bersangkutan diterima di instansi lain. Atau setelah dinyatakan lulus tes namun mengundurkan diri karena berbagai alasan. Dan yang lainnya adalah karena tidak lulus atau tidak memenuhi passing grade yang telah ditetapkan. Passing grade untuk Tes Kompetensi Dasar (TKD) sudah ditentukan oleh panselnas secara langsung sehingga masing-masing instansi memiliki ambang batas yang sama.

Sebagai contoh adalah jika instansi mendapatkan kuota sebanyak 50 lowongan dan peserta yang dinyatakan memenuhi passing grade hanya 40 formasi saja sehingga 10 formasi kosong dan tidak ada yang menempati. Kuota yang tidak terisi tersebut tidak bisa dipaksakan untuk diisi oleh peserta yang tidak memenuhi passing grade karena sudah menjadi ketentuan bahwa peserta harus memenuhi passing grade. Kuota yang tidak terisi dibiarkan kosong begitu saja.

Begitupun untuk kuota formasi CPNS tahun 2015 belum bisa ditentukan, apakah akan digabung dengan kuota yang kosong atau tidak semuanya masih dibiarkan saja. Tahun ini pemerintah tetap akan melakukan penerimaan CPNS meskipun telah berlaku moratorium. Moratorium yang dilaksanakan tahun ini tidak berlaku bagi semua formasi, tenaga pendidik dan tenaga medis adalah diantaranya yang tidak terkena moratorium. Karena kedua formasi tersebut masih membutuhkan pegawai banyak, pelamar yang memiliki minat tinggi untuk menempati formasi tersebut memiliki kesempatan yang besar.

Contoh instansi yang formasinya tidak terisi adalah Kementerian PAN RB, jumlah kuota yang disediakan adalah sebanyak 20 lowongan namun yang dinyatakan lulus tes seleksi hanya 16 orang saja dan berarti sisanya adalah kosong. Peserta yang dinyatakan lulus tahap selanjutnya harus melakukan registrasi untuk pemberkasan NIP, dan jika tidak datang pada saat registrasi tersebut maka dinyatakan mengundurkan diri. Bagi pelamar yang mengundurukan diri harus menyerahkan surat pengunduran diri kepada KemenPAN RB dengan ditandatangani di atas materai 6000.

Diprediksikan jika setiap instansi telah mengisi system e-formasi kebutuhan pegawai akan diketahui dan penetapan formasi CPNS 2015 dilakukan pada pertengahan tahun.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: