FHI Minta Angkat Honorer Tanpa Tes


By | 19.17 1 comment
FHI Minta Angkat Honorer Tanpa Tes
asncpns.com - Forum Honorer Indonesia (FHI) meminta kepada pemerintah agar pengangkatan CPNS dari kalangan honorer tidak melalui tes lagi. Jika tetap dilaksanakan tes maka hanya akan menghabiskan waktu yang cukup lama dan menghabiskan anggaran untuk pelaksanaan tes tersebut. Berbeda jika pengangkatan hanya sebatas memeriksa semua persyaratan administrasi yang dibutuhkan, karena dengan cara ini akan lebih efisien dan menghemat anggaran pula. Seperti yang diketahui bahwa tahun ini pemerintah memberikan kesempatan kepada honorer k2 yang tidak lulus tes untuk mengikuti tes kedua kalinya.

Melihat pada pelaksanaan tes sebelumnya, tes CPNS dari kalangan honorer tidak pernah lepas dari permasalahan dan kecurangan. Sebagai contoh adalah banyaknya calo yang meminta kepada para honorer untuk membayar sejumlah uang dengan jaminan akan diangkat CPNS tanpa melalui tes. Selain itu yang banyak terjadi di kalangan honorer adalah masalah administrasi, honorer yang tidak memiliki administrasi lengkap atau tidak sesuai dengan ketentuan tetapi tetap diluluskan (honorer bodong), maka sebagai antisipasi ada baiknya untuk fokus pada seleksi administrasi saja.

“FHI memohon dan meminta pemerintah cukup menggunakan seleksi administrasi dengan pendekatan afirmasi melalui penilaian usia dan masa kerja. Hal ini akan meminimalisir kemungkinan masalah yang akan timbul, lebih memanusiakan dan menghargai pengabdian tenaga honorer selama bertahun-tahun bekerja di instansi pemerintah,” jelas Hasbi, Ketua Dewan Pembina FHI Pusat.

Permasalahan-permasalahan yang terjadi pada pengangkatan honorer dinilai Hasbi merupakan kesalahan dari pemerintah itu sendiri mulai dari tingkat paling bawah sampai tingkat paling tinggi, termasuk panselnas. Sistem rekrutmen yang salah adalah salah satu alasannya, dimana panitia seleksi nasional meloloskan honorer bodong untuk lulus tes CPNS yang sekaligus menghilangkan kepercayaan dari masyarakat akan janji untuk pelaksanaan rekrutmen yang bersih dari kecurangan. Khusus untuk masalah ini, FHI meminta agar semua jajaran panselnas dan SDM di Kemenpan untuk dibenahi agar lebih baik lagi ke depannya dengan cara penyegaran organisasi.

Kesempatan tes yang kedua kalinya bagi honorer yang tidak lulus adalah salah satu tahapan rekrutmen yang harus dipatuhi oleh setiap pegawai. Karena aturan dari CPNS sendiri adalah setiap orang yang ingin menjadi CPNS harus melewati tahap seleksi terlebih dahulu tidak bisa diangkat begitu saja. Rencananya tes untuk tenaga honorer akan dilaksanakan pada pertengahan tahun nanti dengan formasi yang tersedia adalah 80 ribu formasi dengan sistem tes disamakan dengan seleksi CPNS tahun 2014 jalur umum yaitu menggunakan CAT CPNS. Dengan begitu tentu akan diterapkan pula sistem passing grade untuk menentukan kelulusannya.

Disaat akan mengikuti tes CPNS dari kalangan honorer, direkomendasikan untuk mempelajari Paket LKIT 2015 yang mencakup materi pembelajaran tes CPNS dan pembelajaran CAT CPNS.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar:

  1. ya sebaiknya hononer menjadi pns nggak usah pakai test lagi sebab pengabdian mereka sudah cukup lama gajinya yang diterimanya juga kecil.

    BalasHapus