Video of the Day

Selasa, 31 Maret 2015

Formasi CPNS SMA 2015

Formasi untuk lulusan SMA
asncpns.com - Tahun lalu pelaksanaan tes CPNS 2014 masih tetap memberi kesempatan kepada lulusan SMA plus, SMA plus artinya lulusan SMA yang mempunyai keahlian misalnya komputer dan lain-lain. Kesempatan untuk para lulusan SMA tahun kemarin bukan hanya untuk di daerah saja, tapi instansi pusat juga masih membuka lowongan bagi lulusan SMA Plus ini.

Instansi pusat membuka lowongan untuk ditempatkan untuk tenaga sipir, penjaga mercusuar, dan lain-lain. Daerah yang diproritaskan untuk membuka lowongan CPNS SMA adalah daerah pemekaran, daerah perbatasan, daerah terisolir, dan daerah terpencil. Sedangkan untuk daerah yang tingkat Sumber Daya Manusia-nya tinggi, tidak diberi jatah formasi.

Sepertinya tahun ini formasi untuk CPNS SMA dibeberapa daerah akan tersedia lagi. Contohnya di Bengkulu, rencananya tahun ini Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Bengkulu Selatan berencana untuk mengusulkan kembali formasi untuk lulusan SMA sederajat. BKD juga selain mengusulkan formasi untuk SMA, juga mengusulkan formasi untuk tenaga guru, kesehatan dan teknis. Semua formasi tersebut hingga saat ini masih dalam tahap penyusunan untuk disesuaikan dengan kebutuhan daerah Bengkulu Selatan.

“Kemungkinan ada sekitar ratusan formasi yang akan kita usulkan. Namun masalah ada atau tidaknya kuota formasi untuk Kabupaten BS, tergantung Kemenpan-RB. Adanya rencana pembukaan tes CPNS di daerah baru sebatas lisan belum ada surat resmi dari Kemenpan-RB,” ujar Kepala BKD BS Turmudi, Selasa (31/3).

Turmudi juga mengatakan bahwa moratorium tak berlaku total. Maksudnya, meskipun formasi teknis, tapi jika lulusan itu memang dibutuhkan daerah, maka Kemenpan-RB masih membuka peluang bagi daerah untuk mengusulkan

Seperti kita ketahui, bahwa kebijakan moratorium diambil oleh pemerintah guna menghemat anggaran dan juga sebagai langkah Gerakan Penghematan Nasional. Kebutuhan untuk guru, bidan, dokter dan tenaga medis  benar-benar sudah mendesak, jadi untuk formasi fungsional tidak ada moratorium. Karena dalam formasi CPNS tahun ini, kebutuhan pegawai kelompok pejabat fungsional menjadi prioritas.

Sedangkan untuk transparansi pelaksanaan tes, pada tahun kemarin pemerintah telah menggunakan Computer Assisted Test (CAT). CAT juga diharapan bisa menjaring seorang pegawai negeri sipil yang selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, juga sebagai aktor perekat dan pemersatu bangsa. Berikut adalah komposisi soal dan tingkat kesulitan soal CAT CPNS 2015

Sebagai referensi materi pembelajaran terlengkap cpns, kami rekomendasikan untuk mempelajari Paket LKIT. Juklak Juknis CPNS terbaik ini telah meluluskan lebih dari 3000 orang secara murni di lingkungan pemerintah daerah maupun instansi pusat, Kementerian dan Lembaga Negara. Manfaatkan kesempatan ini dan jangan sia siakan lagi.


Anonim

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



0 komentar:

Posting Komentar

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)