Langsung diangkat PNS, tapi..


By | 19.25 Leave a Comment
Dokter PNS
asncpns.com - Semua orang menginginkan bekerja di daerah perkotaan, selain fasilitas yang mumpuni juga penghasilan yang didapat lumayan besar. Sama halnya dengan profesi dokter, mereka lebih memilih untuk bekerja atau membuka praktek di perkotaan. Hal ini membuat kesenjangan, betapa tidak masyarakat di daerah terpencil dan pedalaman kekurangan tenaga medis. Bahkan mereka harus menempuh jarak berpuluh-puluh kilometer untuk berobat saja. Bisa dibayangkan betapa luasnya negara kita, belum lagi negara kita adalah negara maritim yang mempunyai banyak pulau-pulau kecil. Daerah-daerah terpencil ini benar-benar darurat akan tenaga medis.

Menurut data BKN, dalam seleksi CPNS 2014, sebanyak 1.040 formasi dokter kosong, formasi kosong ini dikarenakan sebanyak 1040 dokter tidak layak untuk diangkat menjadi pegawai negeri sipil. Padahal pemerintah sudah menyediakan formasi khusus untuk dokter sebanyak 6.325. Menurut Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Tumpak Hutabarat, formasi dokter terbanyak disediakan untuk kuota di instansi daerah adalah sebanyak 5.732. Sedangkan pusat hanya 593 orang.

"Untuk daerah terbanyak ditempatkan di kabupaten sebanyak 4.771 orang, kota 547, dan provinsi 414," ucap Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Tumpak Hutabarat, Senin (16/3)

Oleh karena itu pemerintah pada perekrutan CPNS tahun kemarin mengeluarkan formasi khusus untuk merekrut dokter dan dokter PTT untuk menjadi pegawai negeri sipil dengan formasi khusus. Berbeda dengan para pelamar biasa yang harus mengikuti beberapa rangkaian tes, dan ketatnya persaingan dikarenakan yang melamar berjumlah jutaan. Formasi khusus ini berbeda dengan formasi reguler, dokter yang melalui formasi khusus tidak mengikuti tes kompetensi bidang, mereka cukup mengikuti seleksi administrasi saja. Akan tetap walaupun begitu, mereka tidak akan lolos begitu saja, mereka harus melalui tahap pertimbangan BKN.

Sedangkan untuk Dokter PTT dengan lama pengabdian 1 tahun di daerah terpencil, mereka bisa langsung diangkat menjadi pegawai negeri sipil tanpa harus mengikuti tes kompetensi dasar maupun tes kompetensi bidang. Selain itu dikarenakan banyaknya dokter yang meminta pindah tugas setelah dua atau tiga tahun, pemerintah mewajibkan dokter yang terpilih menjadi PNS dengan formasi khusus ini diwajibkan mengabdi di daerah terpencil tersebut selama minimal lima tahun.

Dengan adanya formasi khusus untuk dokter dan dokter PPT ini, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan dokter di daerah terpencil. Karena kebanyakan dokter lebih condong ingin bekerja dikota. Ini akan terus digalakkan agar lulusan dokter mau bekerja di daerah terpencil.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: