Mengenal e-government Menpan RB


By | 01.32 Leave a Comment
e-government Menpan RB
asncpns.com - e-government atau bisa diartikan sebagai pemerintahan elektronik merupakan salah satu bentuk pelaksanaan pemerintahan dengan menggunakan fasilitas teknologi dan informasi yang semakin canggih. Dengan menggunakan sistem seperti ini, pemerintah dan masyarakat akan lebih dekat meskipun tidak bertatap muka secara langsung, masyarakat bisa mengetahui informasi-informasi mengenai pemerintahan saat ini melalui e-government. Tidak hanya itu pemerintah akan lebih mudah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan hal lain yang berhubungan dengan bisnis dan pemerintahan itu sendiri.

Indonesia memiliki e-government tersendiri untuk melaksanakan kegiatakan pemerintah setiap waktunya. Begitupun dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), sebagai kementerian yang juga mengatur masalah kepegawaian memberikan kemudahan bagi aparatur dan masyarakat untuk mengakses informasi mengenai birokrasi. Dalam sistem e-government beberapa aplikasi disediakan untuk mempemudah pengelolaan di lingkungan aparatur Kementerian PANRB. Aplikasi tersebut diantaranya adalah:

SiTata

Kependekan dari Aplikasi Dokumentasi Kegiatan dimana setiap pegawai bisa menggunakan aplikasi ini sebagai rutinitas sehari-hari. Sesuai dengan fungsinya SiTata memberikan kemudahan bagi atasan untuk menilai dan mengawasi kinerja bawahan tanpa harus berdiri disampingnya. SiTata merupakan satu dari diantara banyaknya sistem yang diterapkan oleh Kemenpan untuk kebutuhan pegawai, karena jika hanya mengenal satu saja tentu akan membuat kesenjangan dan pasti bertanya saudara SiTata yang mana lagi yang akan diperkenalkan. Sistem ini bisa digunakan oleh pemerintah daerah lain yang memang membutuhkan sebagai penunjang dalam kinerja sehari-hari.

SiReta

SiReta atau Aplikasi Registrasi Tamu merupakan salah satu sitem yang digunakan dan masih bersaudara dengan SiTata. Sistem ini cukup terkenal di kalangan pemerintahan karena setiap tamu yang berkunjung ke KemenPAN RB akan dimintai data diri secara lengkap mulai dari data pribadi, jenis kebutuhan serta siapa yang akan ditemui.

Pada awal penerapannya di tahun 2013, mendapatkan respon positif dari banyak tamu yang datang ke KemenPAN, namun tidak sedikit pula yang merasa rumit dengan adanya sistem ini. Tata cara penggunaannya memang cukup mudah. Di setiap lobi penerimaan tamu aplikasi SiReta telah dipasang oleh pihak KemenPANRB. Tamu hanya perlu memasukkan data-data yang diperlukan secara jelas sesuai dengan apa yang ditanyakan pada sistem tersebut, kemudian pada akhirnya SiReta akan menyimpan gambar tamu sebagai pelengkap identitas. Tenang, bagi tamu yang sering datang ke KemenPAN RB untuk keperluan yang memang harus berulang tidak perlu rumit mengisi SiReta setiap kali. Karena foto telah tersimpan disaat datang lagi maka sudah langsung terdeteksi oleh sistem.

Kekurangannya? Tentu ada, diantaranya adalah tamu harus tetap sabar meskipun dalam kondisi terburu-buru atau dikejar waktu. Dan yang kedua adalah disaat tamu yang datang banyak, maka harus rela antre.

SiMama atau Aplikasi Pengiriman Amanat

Aplikasi ini memberikan manfaat yang cukup banyak terutama dalam program Global Warming. Mengapa? Karena dengan menggunakan SiMama setiap pegawai atau pejabat yang memiliki kepentingan untuk melaksanakan pertemuan tidak perlu mengirim tulisan di atas kertas. Satu pegawai dengan pegawai lainnya di lingkungan internal cukup menggunakan aplikasi SiMama karena sama halnya dengan SMS gateway. Sistem SiMama mengusung semangat less-paper for our better future.

SiNara atau Aplikasi Penggunaan Barang Milik Negara

Aplikasi ini memberikan informasi secara lengkap mengenai barang-barang milik pemerintah yang tersedia atau dipinjam oleh pegawai atau instansi lainnya. Data ini tidak hanya memuat siapa peminjam, jenis barang, dan waktu peminjaman, SiNara akan menyimpan data servis dari barang tersebut dengan waktu yang rinci. Barang milik negara yang dipinjam bisa berupa kendaraan seperti mobil dinas, sepeda motor dinas atau barang lainnya.

Karena mencakup mengenai persediaan barang dan izin peminjaman barang, SiNara bisa digunakan oleh setiap instansi baik instansi pusat ataupun instansi daerah. Hanya saja untuk bisa menerapkannnya, pihak terkait bisa berkonsultasi secara langsung dengan pihak TI di KemenPAN RB.

SiRara singkatan dari Aplikasi Peminjaman Ruang Rapat

Instansi manapun yang akan menggunakan ruang rapat bisa meminjam ruangan dengan mengisi data pada SiRara. Semuanya telah disediakan secara mudah dan efektif tanpa harus melakukan peminjaman dengan mendatangi pihak yang bersangkutan. Dimanapun berada tetap bisa dilakukan melalui sistem ini.

Penggunaan aplikasi ini seimbang dengan aturan baru mengenai larangan rapat di hotel, instansi yang membutuhkan ruangan rapat bisa menggunakan beberapa fasilitas di instansi lain yang memang memadai. Dalam aplikasi tersebut dapat terlihat tidak hanya KemenPAN RB yang terbuka untuk meminjamkan ruangan rapat, BKN, ANRI, BPKP dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) terbuka bagi instansi atau pegawai yang hendak melaksanakan rapat. Aplikasinya dapat dibuka pada alamat www.sirara.menpan.go.id.

SiDara atau Aplikasi Daftar Kehadiran

Untuk mengisi daftar hadir, pegawai tidak perlu rumit dengan mempersiapkan ballpoint dan membuat tandatangan di atas kertas. Semuanya telah menggunakan teknologi yang canggih, setiap pegawai masuk kantor hanya perlu mendatangi aplikasi ini dan mengisi daftar hadir yang menggunakan teknologi touch screen.

SiDona

Kependekan dari Aplikasi Dokumentasi Perjalanan Dinas merupakan aplikasi yang berguna disaat pegawai tengah memproses adminitrasi untuk melakukan perjalanan dinas. Sama seperti aplikasi lainnya, SiDona mempermudah pegawai mengajukan administrasi Surat Penyediaan Dana (SPD) dengan menggunakan teknologi yang dirancang sesuai dengan kebutuhan pegawai. Sebagai contoh adalah bagi tamu yang hendak bertandang ke KemenPAN RB dan melaksanakan administrasi SPD maka dokumentasi akan dilakukan menggunakan sistem elektronik, SiDona.

SiDora atau Aplikasi Dokumentasi Realisasi Anggaran Perjalanan Dinas

Saudara kembar dengan SiDona karena jika SiDona sebagai bentuk proses dari dokumentasi perjalanan dinas, maka aplikasi ini sebagai bentuk penyediaan informasi mengenai perjalanan dinas yang telah dilakukan. Jadi, apakah pegawai telah melaksanakan perjalanan dinas sesuai dengan anggaran yang diminta atau tidak. Setiap tahap akan direkam dalam sistem ini mulai dari adanya Surat Tugas, Surat Perjalanan Dinas, anggaran yang diajukan dan menjelaskan secara rinci pengeluaran riil yang telah dilakukan.

Aplikasi ini digunakan dari awal pelaksanaan perjalanan dinas sampai pada tahap akhir.

SiMail atau Aplikasi Monitoring Surat

Aplikasi ini berfungsi sebagai penyaring email atau surat yang masuk ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB). Setiap surat yang masuk akan disimpan secara otomatis menggunakan sistem elektronik dan tersusun sesuai dengan jenis surat secara terstruktur. Untuk mengawasi surat yang masuk, pegawai yang bersangkutan bisa memeriksa secara online dan tentu akan selalu masuk pada server tersebut. Canggih bukan? Dari instansi manapun yang mengirimkan surat sesampainya di KemenPAN RB akan secara otomatis tersimpan dalam aplikasi SiMail.

SiDuta kependekan dari Aplikasi Pengaduan Kita

Ini adalah sistem terakhir dalam e-government MenpanRB yang juga sama menggunakan sistem elektronik dalam penggunaannya. Kebanyakan masyarakat awam sering memberikan komentar atau pengaduan di tempat yang salah. Masyarakat, aparatur yang memiliki pertanyaan ataupun sesuatu yang ingin diungkapkan kepada pemerintah bisa menggunakan aplikasi ini sebagai perantara. Apakah itu mengenai birokrasi pemerintahan ataupun mengenai sistem penerimaan seleksi CPNS baik itu masukan, keluhan, pengaduan, saran, gagasan dan lainnya. Jika anda memberikan tanggapan atau penilaian di tempat yang tepat maka aspirasi anda akan didengar. Untuk melakukan pengaduan kepada KemenPAN RB bisa melalui www.siduta.menpan.go.id.

Bagaimana sudah mengenal semua aplikasi dalam sistem e-government MenPAN RB?? Secara langsung memberikan kemudahan bagi para pelaku birokrasi dan masyarakat dalam menjalankan pemerintahan saat ini. Tidak ada batasan antara pemerintah dan juga masyarakat karena semua telah dipermudah dan dirancang menggunakan sistem e-government.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: