Mengenal Civil Servant Assessment Center BKN


By | 01.51 Leave a Comment
Assessment Center BKN
asncpns.com - Keberhasilan suatu pemerintahan tak lepas dari sumber daya manusianya. SDM yang mumpuni dan berintegritas menjadi ujung tonggak dalam keberhasilan penyelenggaraan suatu pemerintahan. Untuk menghadapi tantangan di masa yang akan datang dan dalam rangka mewujudkan aparatur sipil negara yang berintegras dan berkompeten - pada tahun 2006, Badan Kepegawaian Nasional mendirikan sebuah unit untuk penilaian kompetensi para pegawai negeri sipil yaitu Pusat Kompetensi (PusPenKom).

Puspenkom PNS ini bertugas melakukan penilaian kompetensi PNS dalam rangka pengembangan karier PNS dan juga melaksanakan konseling psikologi permasalahan kepegawaian. Metode yang digunakan oleh Puspenkom adalah Assessment Center. Konsep asessmen atau assessment center yaitu metode untuk perekrutan Pegawai Negeri Sipil yang memiliki potensi dan kompetensi dalam menangani tanggung jawab yang diemban dalam suatu jabatan tertentu di kemudian hari (future responsibility). 

Pelayanan Assesment Center ini memberikan beberapa pelayanan untuk Pemerintah Pusat ataupun Daerah antara lain:
  1. Penilaian kompetensi pejabat struktural dan fungsional
  2. Pemetaan potensi dan kompetensi pegawai
  3. Desain pengembangan kompetensi pegawai/pejabat struktural
  4. Konseling dan Feedback
  5. Seleksi Calon Assessor
  6. Pelatihan dan pengembangan Assessor
Selain itu, program kerja unit Pusat Penilaian Kompetensi PNS sejak tahun 2006 hingga 2015 antara lain adalah :

  1. Mengembangkan unit assessment center
  2. Melakukan penilaian kompetensi PNS
  3. Melakukan monitoring dan evaluasi pasca penilaian kompetensi
  4. Menyelenggarakan sertifikasi assessor
  5. Membuat jabatan fungsional assessor
  6. Melakukan pengelolaan ‘talent pool’
  7. Membentuk LDC (Leadership Development Center) atau Pusat Pengembangan Pemimpin
  8. Mengembangkan kompetensi sumber daya manusia assessment center.
Dengan menggunakan sistem ini dalam birokrasi pemerintahan, nantinya penyeleksian pegawai dalam menduduki jabatan struktural maupun jabatan fungsional, akan berbasis kompetensi, sesuai dengan keahlian, dan objektivitas.

Secara global Assessment Center ini bertujuan untuk menyeleksi dan mengevaluasi calon pimpinan yang handal dan siap secara komprehensif dan untuk menelaah apa saja kebutuhan yang perlu diberikan kepada setiap pegawai supaya siap dalam menghadapi tugas yang diemban kelak diberikan nanti.

Namun dalam pelaksanaannya tidaklah mudah selain menyiapkan sarana dan kelengkapan, hal yang paling utama adalah mempersiapkan SDM yang mempunyai kualifikasi di bidang ini untuk menjadi assesor. Assessor haruslah seorang yang benar-benar terlatih dalam bidangnya, baik dalam bidang pemahaman perilaku manusia maupun pemahaman dalam bidang pekerjaan yang diamati, karena assesor memegang peran penting dan dominan dalam pelaksanaanya, karena ia harus mengerti secara seksama untuk mengevaluasi setiap aspek yang telah ditetapkan agar keakuratan itu

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: