ASN Kelas Dunia penunjang Pemerintahan Kelas Dunia


By | 20.13 Leave a Comment
ASN Kelas Dunia penunjang Pemerintahan Kelas Dunia
asncpns.com - Pemerintah melakukan berbagai langkah kebijakan-kebijakan untuk mewujudkan dynamic governance. Dengan terciptanya dynamic governance otomatis birokrasi yang selama ini terkesan "ribet' dan "kotor" akan berubah menjadi birokrasi yang andal dan transparan.

Good Governance ini merupakan ciri pemerintahan kelas dunia, akan tetapi untuk menciptakan pemerintahan kelas dunia harus diimbangi dengan sumber daya manusia berkelas dunia. Dalam hal ini Aparatur Sipil Negara yang memegang peran.

Aparatur Sipil Negara kelas dunia setidaknya ada lima kriteria yang harus dimiliki, profesional, integritas, orientasi kepublikan, budaya pelayanan yang tinggi, serta memiliki wawasan global. Kelima kriteria tersebut perlu dilakukan oleh seluruh ASN secara berkesinambungan guna memenuhi tuntutan kualifikasi ASN yang mumpuni untuk wujudkan good governance di Indonesia.

Menurut Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Agus Dwiyanto hal yang paling penting bukan hanya sekedar himbauan penerapan good governance di lingkup ASN, akan tetapi penjelasan bagaimana cara pengimplementasian penerapan good governance oleh ANS yang harus lebih diutamakan, agar para ASN ini bisa segera meningkatkan kinerjanya.

Untuk mewujudkan ASN yang profesional, para ASN ini dituntut untuk mengembangkan dan memaksimalkan kompetensi diri sehingga bisa bermanfaat tepat bagi bidang yang dikerjakannya. Dan untuk menjadi ASN yang berintegritas, para ASN harus mempunyai  komitmen kuat dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan publik.

ASN berintegritas berkaitan erat dengan orientasi kepublikan yang diharapkan bahwa para ASN ini memiliki jiwa melayani yang luhur sehingga memberikan kepuasan publik.

Sedangkan mengenai budaya pelayanan yang tinggi, kreiteria keempat ini juga terkait dengan kriteria kedua dan ketiga yaitu ASN beritegrasi dan Orientasi Kepublikan diman kriteria keempat ini menitik beratkan pada peningkatan kualitas praktek dalam melayani publik agar kemudian tercipta sikap tanggap dalam diri ASN yang mampu mendorong peningkatan kinerjanya.

Untuk kriteria terakhir, yakni wawasan global. Para ASN diharapkan selalu tanggap bukan hanya ndengan kabar terkini dari seluruh dunia, melainkan tanggap terhadap permasalahan dan fenomena yang berkembang di masyarakat. “Melalui sikap tanggap, maka ASN pun dapat lebih responsif dan proaktif dalam melayani publik yang kemudian akan mendorong terciptanya efisiensi dalam melayani,” tambahnya.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: