Menuju Pemerintahan Kelas Dunia


By | 02.30 Leave a Comment
Worldclass Government
asncpns.com - Indonesia sebagai negara kaya akan sumber daya alam dan juga sumber daya manusia masih tertinggal dalam segala aspek dari negara maju lainnya. Indonesia sebagai salah satu negara berkembang bukan hanya tertinggal dari segi ekonomi, infrastuktur, pendidikan dan lain-lain, tapi juga dari sistem pemerintahannya.

Dalam Seminar Nasional Merekontruksi Indonesia: Sebuah Perjalanan Menuju Dynamic Governance, di ruang Serbaguna Kementerian PANRB, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) mengatakan, dalam situasi dan kondisi dunia yang dinamis dan tak menentu, tidak ada jaminan bahwa keberhasilan yang dicapai oleh suatu negara pada saat ini akan dapat terus bertahan. "Hanya dengan mewujudkan pemerintahan berkelas dunia, kita akan mengejar ketertinggalan dari negara lain yang lebih maju," tutur MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi.

Salah satu cara untuk mewujudkan pemerintahan kelas dunia adalah dengan memberikan pelayan publik yang baik sehingga meraih kepercayaan penuh dari rakyat, dan jika rakyat memberikan kepercayaannya otomatis rakyat juga pasti mendukung segala sistem dan kebijakan pemerintah yang ada. Dengan ada dukungan dari rakyat, kondisi akan stabil dalam membangun negeri yang mempunyai nilai jual tingkat jual tinggi di dunia.

Sedangkan Sarwono Kusumaatmaja mantan MenPAN periode 1983-1988 yang juga hadir dalam seminar itu mengatakan, hal fundamental dalam suksesnya suatu lembaga terletak pada kualitas pemimpin, yakni kualitas untuk berpikir ke depan dan antisipatif (think ahead), kemampuan mengkaji ulang hasil pemikiran (think again), dan kemampuan berpikir secara lateral, horizontal dan lintas disiplin (think across).

"Kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh pendidikan yang baik untuk masyarakat, patriotisme atau kecintaan masyarakat terhadap bangsanya dan pemerintahan yang baik. Adapun pemerintah merupakan salah satu faktor yang penting dalam mewujudkan kemajuan suatu bangsa," ucapnya.

Ciri pemerintahan kelas dunia yaitu transparan, akuntabel dan berkualitas. Untuk menggapainya, pemerintah saat ini yang sedang menggejot program e-goverment atau sistem pemerintahan berbasis elektronik untuk mencapai pemerintahan efektif dan transparan. Bahkan sejumlah daerah seperti DKI Jakarta yang menerapkan e-budgeting sebagai bukti transparansi.

Memang untuk mewujudkan pemerintahan kelas dunia  tidaklah semudah membalikan telapak tangan, perlu proses yang berkesinambungan dari pemerintah serta dukungan penuh dari rakyat.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: