Kepastian kenaikan Gaji PNS


By | 20.57 Leave a Comment
Gaji ke 13
asncpns.com - Selama ini masalah kenaikan gaji masih simpang siur, banyak kabar tak jelas berhembus. Akan tetapi masalah ini akhirnya mendapatkan kejelasan. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  / MenPAN RB Yuddy Chrisnandi menyatakan bahwa gaji PNS akan mengalami kenaikan pada tahun depan.

Yuddy juga menjelaskan mengenai perihal gaji ke-13, para PNS akan menerima gaji ke-13 ini pada pertengahan tahun sebagai bentuk bantuan biaya pendidikan anak pada tahun ajaran baru.

Untuk besaran kenaikan gaji masih belum bisa ditentukan, rencananya kenaikan gaji ini akan disesuaikan dengan inflasi yang terjadi pada tahun 2015 untuk menjaga daya beli masyarakat agar tidak menurun. "Jadi kenaikannya mengikuti inflasi. Ini agar daya beli masyarakat tidak menurun," tegasnya kamis, 2 April 2015.

Seperti kita ketahui bahwa daya beli masyarakat mulai merapuh, salah satunya penyebabnya adalah berfluktuasinya harga bahan bakar minyak (BBM). Masyarakat maupun pasar belum terbiasa dengan naik turunnya harga bbm.

Beberapa waktu lalu juga Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti membuat heboh dengan mengajukan kenaikan gaji untuk anak buahnya sebesar 50%. Susi miris terhadap upah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menurutnya belum layak.

"Benar banyak perjuangan PNS belum diapresiasi pemerintah. Saya dari swasta tahu bahwa renumerasi belum pantas. Paling tidak saya mau gaji karyawan naik 50 persen," kata Susi di Jakarta, seperti dikutip dari laman Merdeka.com Selasa, 13 Januari 2015.

Pemerintah saat ini sedang menata ulang komponen gaji PNS, sistem penggajian PNS ini terpengaruhi oleh UU 5/2014 yang sudah diberlakukan. Dalam UU ASN diatur penghasilan PNS hanya ada tiga komponen saja yaitu gaji, tunjangan kinerja, dan biaya kemahalan.

Beberapa tunjangan lain yang ikut terhapus karena berlakunya UU ini antara lain tunjangan anak dan istri, tunjangan jabatan dan tunjangan beras.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: