Menpan Pastikan Tes CPNS Bersih


By | 02.57 Leave a Comment
Tes CPNS Bersih
asncpns.com - Sudah bukan menjadi rahasia umum jika pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari tahun ke tahun selalu saja terjadi penyelewengan dan kecurangan. Pemerintah tengah berusaha menciptakan seleksi CPNS yang bersih dan bebas dari penyelewengan. Salah satunya adalah dengan menggunakan sistem CAT CPNS.

Dengan menggunakan sistem ini, setiap tahapan dari tes CPNS bisa langsung diketahui, bahkan masyarakat bisa langsung mengetahui hasilnya. Sistem ini juga dilengkapi dengan komposisi soal bervariasi yang mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda.

Selain itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi diberbagai kesempatan menegaskan bahwa penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil sekarang bebas dari praktik suap-menyuap. "Saya pastikan tidak ada yang nyogok, tidak ada koneksi, yang jauh pun pasti saya tanda tangani," ucap beliau di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Jakarta, Rabu (01/04/2015)

Beliau memastikan bahwa selain proses seleksi CPNS dan pemantauan yang ketat, penandatanganan Surat Keputusan pun, beliau sendiri yang akan menandatangani. "Semuanya sampai ke meja menteri nomornya, kualifikasinya seperti apa saya lihat dan tanda tangani sendiri. Jadi, mau main suap bagaimana," tambahnya.

Yuddy juga menghimbau masyarakat jika menemukan aksi suap-menyuap, titipan, dan tindak penyelewengan lainnya dalam proses seleksi CPNS, diharapkan masyarakat segera melaporkannya dengan disertai bukti, sehingga bisa diproses ke pengadilan. Yuddy juga menambahkan bahwa tes CPNS bisa diikuti oleh seluruh kalangan, yang terpenting terus belajar dan berdoa supaya bisa lulus tes, katanya. Siapapun bisa menjadi CPNS, entah itu anak petani, anak lurah dan ataupun anak bupati, tambahnya. Sebagai bahan pembelajaran tes CPNS, asncpns.com merekomendasikan untuk mempelajari Paket LKIT.

Jika mendapatkan atau menemukan kecurangan pada saat pelaksanaan tes CPNS silakan laporkan ke alamat berikut ini, dan setiap laporan yang masuk akan dijaga kerahasiannya.
  1. https://www.lapor.go.id
  2. http://www.bpkp.go.id/pengaduancpns.bpkp
Jika laporan yang akan anda adukan sudah mengarah ke pidana, anda juga bisa melaporkannya ke POLRI di alamat http://www.polri.go.id/laporan-all/lpm/adu/

Alur Laporan Pengaduan CPNS
Alur pengaduan laporan cpns di lapor.go.id

Menpan juga angkat bicara terkait pembatalan hasil seleksi CPNS Konawe Selatan, diduga ditemukannya indikasi kecurangan dalam hasil Tes Kompetensi Bidang (TKB). Soal TKB diduga bocor, akan tetapi manasalah ini telah ditangani oleh Panselnas secara langsung.

Sedangkan bagi pihak yang merasa keberatan akan hasil pengumuman dan pembatalan kelulusan ini bisa langsung mengadu kepada panselnas. Karena pada pelaksanaannya, TKB tetap diselenggarakan dan pengumuman kelulusan diintegrasikan dengan hasil TKD.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: