Pemerintah Usulkan 134 Ribu Formasi CPNS 2015


By | 19.36 Leave a Comment
Formasi CPNS Nasional
asncpns.com – Pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang rencananya tahun ini akan diselenggarakan pada bulan agustus, saat ini masih menunggu pengusulan e-formasi dari daerah dengan batas waktu sampai dengan 16 Mei 2015. Setelah itu, tahapan selanjutnya adalah verifikasi usulan formasi oleh Kementerian Aparatus Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) yang akan memakan waktu sekitar satu bulan. Jika sesuai jadwal dan tidak ada hambatan, maka sekitar bulan Juni-Juli pengumuman formasi CPNS sudah bisa kita dapatkan.

Saat ini pemerintah melalui KemenPAN-RB mengusulkan kuota formasi CPNS 2015 sebanyak 134 ribu formasi. Tetapi tetap seperti yang direncanakan jauh-jauh hari, formasi terbesar untuk tahun ini dialokasikan untuk tenaga pendidik, tenaga kesehatan, dan tenaga fungsional tertentu.

Subowo Djoko Widodo selaku Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan Evaluasi Program dan Pembinaan Integritas SDM Aparatur KemenPAN-RB, selain formasi tenaga pendidik, tenaga kesehatan dan tenaga fungsional, pemerintah juga membuka tenaga layanan publik dan nawa cita. "Selain tenaga layanan dasar, formasi lainnya adalah tenaga layanan publik dan nawa cita," ungkapnya, Senin (11/5).

Perhitungan kuota sebanyak 134 ribu ini mengacu kepada jumlah PNS yang akan pensiun ditambah dengan sisa formasi tahun 2014 yang masih kosong, ditambah juga dengan formasi honorer K2. Khusus untuk honorer, pemerintah memberikan kuota sebanyak 30 ribu formasi. "Prinsip penetapan kuota CPNS disesuaikan dengan jumlah PNS yang pensiun. Selain itu, karena ada kuota tahun lalu tidak digunakan itu dimasukkan tahun ini. Begitu juga honorer K2 yang belum lulus, kita masukkan tahun ini juga," tambah Bowo

Usulan 134 ribu ini masih menunggu persetujuan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebab harus disesuaikan dengan kemampuan finansial negara. Jika Kemenkeu sudah menyetujuinya, maka kuota sebayak 134 ribu akan menjadi kuota nasional. Nampaknya pemerintah menambah kuota CPNS setelah beberapa waktu lalu menetapkan kuota 100 ribu formasi termasuk 30 ribu formasi untuk formasi honorer.

Bagi anda yang akan mengikuti tes seleksi CPNS 2015 umum tapi belum mengetahui persyaratan apa saja yang dibutuhkan, silahkan baca Persyaratan Umum dan Khusus sebagai referensi. Sedang untuk jalur honorer silahkan baca Persyaratan CPNS Honorer K2. Sebagai bahan materi pembelajaran terbaik, kami rekomendasikan untuk mempelajari Paket LKIT 2015 dan Paket LKIT PPPK/Honorer khusus untuk honorer.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: