Pemkot Pekanbaru Usulkan 650 Formasi CPNS


By | 01.01 Leave a Comment
Formasi CPNS
asncpns.com. - Penyelanggaraan tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil yang akan diselenggarakan pada bulan agustus nanti, membuat pemerintah daerah berlomba-lomba mengirimkan usulan formasi CPNS daerahnya. Contohnya Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru yang berencana akan mengusulkan sebanyak 650 formasi CPNS tahun ini. 650 formasi tersebut terdiri dari 250 formasi untuk tenaga kesehatan. dan 400 formasi untuk tenaga pendidik sekolah dasar.

Azharisman Rozie selaku Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru mengungkapkan alasan kenapa mengajukan formasi guru SD karena menurutnya bukan  kewenangan pemerintah kota untuk mengajukan formasi tenaga pendidik SLTA atau SMK. Yang berhak mengajukan formasi guru SLTA dan SMK adalah Pemerintah Provinsi.

Haris mengatakan bahwa formasi yang diusulkan itu direspon oleh MenPAN-RB dan sudah merestui untuk pengajuan formasi sebanyak itu secara lisan. Tapi formasi itu masih butuh untuk diformulasikan dan mengembalikan kembali ke pusat untuk semua keputusan terkait CPNS tersebut ”Harapan kita buka lagi. Tapi ini kan tergantung pusat. Tidak bisa kita prediksi. Kita berharap pemerintah pusat mau mengakomodir,’’ tuturnya.

Saat ini terdapat sekitar 8900 PNS di kota Pekanbaru, sebagian besar adalah Guru. Guru PNS ini jumlahnya mencapai 7000 orang. Menurut Haris saat ini Pekanbaru masih kekurangan PNS dan idealnya kota Pekanbaru ini harus menambah PNS sekitar 2900 PNS sampai dengan tahun 2019.

Kota Pekanbaru juga tiap tahun dipasok sekitar 40 orang PNS dari daerah lain. Kedepannya, PNS yang dipasok dari daerah lain ini akan diseleksi terlebih dahulu agar mendapatkan PNS berkompeten. ”Nanti kami ke depan mewacanakan, PNS yang masuk ke Kota Pekanbaru harus kita seleksi. Saya sedang mempersiapkan peraturan wali kota-nya. Supaya Pekanbaru ini dapat PNS yang berkualitas,’’ tutupnya.

Tahun ini pemerintah pusat mengusulkan sekitar 134 ribu formasi untuk dijadikan formasi nasional. Tapi saat ini masih menunggu restu dari Menteri Keuangan untuk dianalisa supaya disesuaikan dengan finansial negara. Bagi anda yang akan mengikuti tes CPNS tahun ini, kami rekomendasikan untuk mempelajari Paket LKIT 2015 untuk jalur umum, sedangkan untuk jalur honorer kami rekomendasikan untuk mempelajari meteri terbaik dari  Paket LKIT PPPK/Honorer.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: