Pemerintah Akan Jaring CPNS Berkompetensi Andal


By | 03.11 Leave a Comment
CPNS Berkompetensi Andal
asncpns.com - Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa tahun 2015 pemerintah akan membuka penerimaan CPNS sebanyak 100.000 formasi. Rekrutmen tahun ini masih tetap seperti tahun lalu, yaitu diperuntukan untuk CPNS Jalur Umum dan Honorer.  Lebih lanjut dikatakan, penerimaan CPNS tahun ini dibatasi untuk tenaga kesehatan, tenaga pengajar dan tenaga fungsional tertentu. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang formasi fungsional, silahkan akses Formasi Fungsional.

Bukan hanya itu saja, nampaknya tahun ini formasi untuk CPNS SMA dibeberapa daerah akan tersedia lagi. Contohnya di Bengkulu, rencananya tahun ini Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Bengkulu Selatan berencana untuk mengusulkan kembali formasi untuk lulusan SMA sederajat.  Formasi untuk tahun 2015, hingga saat ini masih dalam tahap penyusunan untuk disesuaikan dengan kebutuhan daerah Bengkulu Selatan.

Pada tahun 2014 lalu, secara serentak seleksi tes penerimaan CPNS di Indonesia telah menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Dengan sistem ini terbukti memiliki banyak manfaat diantaranya adalah setiap peserta bisa langsung mengetahui hasil tes secara langsung setelah selesai menjawab semua pertanyaan. Pelaksanaan tes seleksi CPNS juga bisa berlangsung transparan dan publik bisa mengetahui setiap tahapan.

Sedangkan untuk komposisi soal yang terkandung dalam CAT adalah 35 butir Tes Karakter Pribadi, 30 butir Tes Intelegensi Umum dan 35 butir soal Tes Wawasan Kebangsaan. Untuk bobot soal tidak semua sama, tingkat kesulitannya sangat bervariasi, mulai dari tingkat kesulitan mudah, sedang dan sulit. Akan tetapi didominasi dengan tingkat kesulitan sedang. Bervariasinya tingkat kesulitan ini agar bisa menjaring CPNS yang berkompetensi andal - pemahaman menyeluruh silakan akses Juknis Soal CPNS.

Pada kesempatan lain, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) telah membuktikan kehandalan sistem CAT CPNS yang mana saat ini pihaknya telah berhasil menjaring 70 orang CPNS dalam Rekrutmen CPNS tahun 2014. Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti menerangan bahwa, “Hasil rekrutmen berbasis komputer menggunakan computer assistes test (CAT), merupakan hasil yang dapat dipertanggungjawabkan, akuntabel, transparan dan obyektif”.

Mereka akan diuji dalam bentuk kerja nyata, untuk mengetahui kualitas kerja (kompetensi) mereka, apakah kinerja mereka sesuai dengan bidang pendidikannya atau tidak. Diharapkan semangat mereka tidak akan menjadi kendur setelah diangkat menjadi PNS. Semangat mereka diharapkan bisa terjaga seperti saat mereka berlomba-lomba mendaftarkan diri untuk menjadi seorang Aparatur Sipil Negara.

Mereka diharapkan memiliki inisiasi tinggi dalam kinerja dan menciptakan inovasi-inovasi baru untuk menciptakan gagasan dan ide-ide positif untuk membangun dan meningkatkan kinerja CPNS itu sendiri ataupun institusi dimana dia bekerja. Setelah terciptanya ide-ide positif, diharapkan mereka bisa mengimplementasikannya dalam bekerja.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: