Tata Tertib Tes Seleksi CPNS Berbasis CAT


By | 00.23 3 comments
Tata Tertib Tes CAT CPNS
Kementerian PAN RB sudah memastikan bahwa tahun 2016 akan kembali digelar seleksi penerimaan cpns, akan tetapi penerimaan tersebut hanya terbatas kepada 4 kategori SDM yang telah ditetapkan dan juga formasi yang mendukung program nawacita.

Sebanyak 81000 alokasi formasi telah disetujui Kementerian Keuangan sebagai pengalokasi anggaran, walaupun sebelumnya pihak Kemenpan mengajukan sekitar 150.000 klausul formasi. Detail mengenai masing masing alokasi bisa dilihat di bagian persyaratan cpns 2016

Pengadaan CPNS yang berintegritas berbasis merit sistem, Pelaksanaannya akan menggunakan sistem CAT dan dijadwalkan pada bulan juli mendatang pengumuman resmi pendaftaran cpns akan diumumkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sendiri melalui Panselnas.

Soal CAT yang terdiri dari Tes Intelegensi Umum-TIU, Tes Wawasan Kebangsaan-TWK dan Tes Karakteristik Pribadi-TKP sudah selesai dibuat dan dipersiapkan oleh konsorsium perguruan tinggi dan beberapa unit kerja dibawah Kemendikbud dan saat ini soal soal tersebut sudah berada di tangan Kemenpan RB.

“Naskah TKD ini dikerjakan oleh Biro Kepegawaian, Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik), dan Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri. Sedangkan untuk bahasanya dikoreksi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa,” ujar Anies seperti dijelaskan melalui laman Kemdikbud (21/1/2016)

Penyerahan soal soal tes cpns tersebut dilakukan oleh Menteri Anis kepada Menteri Yuddy di Kantor Kemendikbud dalam bentuk compact disc pada tanggal 20 Januari 2016.

Mengenai naskah soal TKD CPNS, Anis menjelaskan bahwa naskah soal TKD itu terdiri dari tiga subtes yaitu soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebanyak 4.817 butir, soal Tes Intelegensi Umum (TIU) sebanyak 8.001 butir dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 6.002 butir soal. Sehingga total keseluruhan TKD yang telah disusun sebanyak 18.820 butir soal.


Paket LKIT bisa dijadikan sebagai buku referensi bahan pembelajaran terbaik untuk menghadapi ujian CPNS. Sampai dengan tes terakhir cpns dilakukan yaitu tahun 2014, Paket LKIT sudah meluluskan lebih dari 3000 orang CPNS secara murni di seluruh Indonesia, beberapa testimonial lulus diantaranya kami cantumkan di http://www.paketlkit.com/p/testimonial.html. Selain itu, Paket LKIT adalah merupakan buku bahan pembelajaran CPNS di Indonesia yang mendapatkan pengakuan dan apresiasi dari pihak Kemenpan RB sebagai bahan pembelajaran berbobot dalam rangka pembelajaran CPNS di Indonesia, dan detail pernyataan Kemenpan RB tentang Paket LKIT bisa dilihat di http://www.paketlkit.com/p/special.html



Nah, kamu yang tengah menunggu nungu dan akan mengikuti seleksi CPNS tahun ini, silakan ketahui tata tertib ujian yang harus dilaksanakan sebelum, ketika dan sesudah ujian CAT CPNS dilaksanakan. Pelanggaran tata tertib ujian hanya akan merugikan peserta tes itu sendiri.
Tata tertib ini adalah merupakan tata tertib tes CAT CPNS yang digunakan dalam penerimaan cpns tahun 2014, sedangkan untuk tahun ini point pointnya diperkirakan tidak akan jauh berbeda.

TATA TERTIB PESERTA TES CAT CPNS

  • Peserta hadir paling lambat 60 (Enam Puluh) menit sebelum Tes Dimulai.
  • Peserta harus melakukan Registrasi sebelum TKD dimulai.
  • Tidak ada toleransi keterlambatan untuk mengikuti TKD.
  • Peserta wajib mengisi Daftar Hadir yang telah disiapkan oleh panitia.
  • Peserta wajib membawa KTP dan Kartu Peserta Tes, serta menunjukan kepada panitia.
  • Peserta harus sesuai dengan foto yang ada di kartu peserta
  • Peserta menggunakan pakaian rapih dan sopan (Kemeja putih, Bawahan Rok/Celana Hitam bukan Jeans, Menggunakan Sepatu).
  • Peserta duduk pada tempat yang telah ditentukan.
  • Peserta yang terlambat tidak diperkenankan masuk untuk mengikuti tes (Dianggap gugur)
  • Peserta hanya diperbolehkan membawa kartu peserta, KTP dan alat tulis berupa pensil ke dalam ruang tes.
  • Peserta di dalam ruang tes dilarang membawa :
  1. Buku-buku dan catatan lainnya.
  2.  Kalkulator, Telepon Genggam (HP), Kamera dalam bentuk apapun, jam tangan, Ballpoint.
  3. Makanan dan Minuman
  4.  Senjata api / tajam atau sejenisnya
  •  Peserta dilarang :
  1. Bertanya / berbicara dengan sesame peserta tes.
  2. Menerima / memberikan sesuatu dari/kepada peserta lain tanpa seijin panitia selama ujian.
  3.  Keluar ruangan, kecuali memperoleh ijin dari panitia.
  4. Merokok dalam ruangan tes.
  • Peserta dilarang menggunakan computer selain untuk aplikasi CAT.
  • Peserta yang telah selesai ujian dapat meninggalkan tempat ujian secara tertib.


SANKSI
  • Sanksi yang diberikan bagi pelanggar tata tertib huruf (L) berupa teguran lisan oleh panitia sampai dibatalkan sebagai peserta tes.
  • Peserta tes yang kedapatan membawa alat komunikasi (HP), Kamera dalam bentuk apapun serta melanggar tata tertib dianggap gugur dan dikeluarkan dari ruangan tes.


LAIN-LAIN

  • Hal-hal lain yang belum tercantum dalam tata tertib ini akan di atur kemudian dan merupakan tata tertib tambahan yang langsung disahkan. 
      Update: 25 Juni 2016

      Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

      3 komentar:

      1. Selamat malam
        Sy ingin bertanya mengenai cpns 2016 yg trdiri dr 4 formasi SDM, apa benar tahun ini ada pelaksanaan cpns dg formasi 4 SDM tersebut? Apabila iya, untuk kuota jalur umum yg 10rb, apakah masih ada lowongan buat tenaga kesehatan yg bukan PTT?
        Sekian terima kasih

        BalasHapus
      2. selamat malam saya ingin bertanya apakah benar di tahun 2016 pada bulan juli akan diadakan tes CPNS SDM ,apabila benar tahun ini tanggal berapa di adakannya dan kapan kepastiannya.dan daerah mana tes tersebut di adakan.terima kasih

        BalasHapus
      3. kapan ada tes cpns untuk penegak perda satpolpp?? mohon informasinya. terima kasih.

        BalasHapus