Pemprov Kaltim Membutuhkan 1722 Formasi CPNS 2015


By | 03.44 Leave a Comment
CPNS
asncpns.com - Dalam pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil tahun pengadaan 2015, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur akan berpartisipasi untuk membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pemprov Kalimantan Timur membutuhkan 1722 formasi CPNS untuk tahun ini. Formasi sebanyak ini merupakan kekurangan formasi CPNS 2013.

M Yadi Robyan Noor, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur, menyatakan bahwa "Pada 2013 kami mengusulkan ke pusat sebanyak 1.901 pegawai untuk kebutuhan hingga 2018. Tetapi pada 2014 pusat hanya menyetujui penerimaan untuk 179 formasi, sehingga masih kurang 1.722 dari usulan hingga empat tahun mendatang," Sabtu (30/5).

Yadi berharap bahwa tahun ini mereka akan diberikan kuota lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya karena Pemprov Kaltim benar-benar membutuhkan tambahan personil karena angka 1.901 formasi ini bukan sembarang didapatkan tetapi melalui analisa jabatan dan analisa beban kerja yang matang. 71 % formasi ini dialokasikan untuk kesehatan baik dokter spesialis, dokter umum, bidan, perawat dan tenaga kesehatan sedangkan sisanya 29% merupakan formasi untuk tenaga pendidik dan kependidikan, serta untuk formasi Jabatan Fungsional Tertentu.

Karena dilakukan tidak sembarangan, analisa jabatan dan analisa beban kerja berpengaruh dalam penyempurnaan kembali alokasi tugas, wewenang, dan tanggung jawab tiap jabatan sehingga akan berpengaruh kepada perbaikan sistem kerja dan rekrutmen pegawai profesional supaya menyusun jenjang karier dan standardisasi kerja.

Untuk pelaksanaannya tes CPNS sendiri, pemprov masih menunggu keputusan dari Panselnas namun menurutnya seleksi diperkirankan akan dilakukan pada bulan September."Berapapun formasi yang akan disetujui oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), kami akan menempatkan pada tiga formasi penting sesuai usulan, yakni tenaga kesehatan, pendidikan, dan jabatan fungisonal tertentu (JFT)." tambahnya.

Sistem CAT (Computer Assisted Test) akan digunakan dalam pelaksanaan tes tahun ini agar bisa menyaring PNS yang berkompetensi andal. Sedangkan untuk proses rekrutmen di Pemprov Kaltim ini 3 tahap yaitu seleksi adminsitrasi, tes kompetensi dasar, dan tes kompetensi bidang. - Bagi anda yang akan mengikuti tes CPNS 2015, kami rekomendasikan materi terbaik Paket LKIT 2015.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: