Dengan Merit e-Kinerja, PNS Susah Facebook-an!


By | 19.28 Leave a Comment
Kinerja
asncpns.com - Dengan diberlakukannya sistem merit melalui e-kinerja, para aparatur sipil negara (ASN) terutama pegawai sipil negara (PNS) diminta meninggalkan budaya datang kantor hanya ngerumpi dan main game atau facebook-an. Dengan adanya sistrn ini, maka PNS tidak bisa seenaknya kerja.

Bima Haria Wibisana selaku Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) menghimbau untuk seluruh PNS di penjuru negeri untuk meninggalkan kebiasaan buruk yang selama ini sudah mendarah daging. Dengan adanya e-kinerja ini diharapkan adanya kepastian bagi para pegawai dalam menunjukkan kinerja baik dan mendapatkan apresiasi baik pula dan begitu pun sebaliknya. "Tidak ada ceritanya kalau PNS datang hanya ambil absen, ngobrol, makan-minum, terus main game dan facebook. Semua harus punya kinerja yang jelas dan ada target kinerjanya," tegas Bima Haria, Rabu (26/8).

Dengan adanya e-kinerja ini, PNS mengetahui tanggung jawab kerja masing-masing dan tidak ada lagi pegawai yang tidak tahu apa yang harus dikerjakan dan hanya sekadar menunggu perintah atasan. "Setiap pegawai akan mengetahui beban tugas serta apa yang harus dilakukan masing-masing," tambah Bima.

BKN dituntut untuk mendigitalisasi semua proses kerja termasuk siklus manajemen ASN. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (UUASN). "Salah satu lingkup digitalize ini adalah e-kinerja. Itu sebabnya perlu ada indikator kinerja yang jelas. Bagaimana mengidentifikasi‎ performance dan bagaimana menerapkan pada masing-masing jabatan. Intinya yang dilihat adalah kualitas kerja dan bukan kuantitasnya," tandasnya

Pemerintah nampaknya ingin menciptakan pemerintahan yang mengikuti perkembangan teknologi yaitu e-government. Dengan terdigitalisasi sistem pemerintahan, dan pelayanan publik, maka dalam pelaksanaan pelayanan masyarakat akan lebih mudah dan cepat. Beberapa waktu lalu, pemerintah telah mengadakan MoU kerjasama dengan Korea Selatan dalam bidang e-Government.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: