PNS Kelabakan!


By | 00.38 Leave a Comment
0
asncpns.com - Mendapatkan kunjungan dalam jumlah yang banyak, web Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (PUPNS) tidak bisa dibuka. Keadaan ini membuat para Pegawai Negeri Sipil (PNS) kalang kabut karena tidak mengisi data. Memang benar, jika suatu situs mendapatkan kunjungan sangat banyak, hal itu bisa menyebabkan suatu server web menjadi down.

Padahal sesuai dengan instruksi Badan Kepegawaian Negara (BKN), PNS diwajibkan untuk menginput pemutahiran data mulai 1 September. Jika tidak status kepegawaiannya tidak akan diakui.
Menurut Nandi, salah satu PNS Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Selasa (7/9/2015), menyatakan bahwa, "Bagaimana bisa daftar, buka web ‎PUPNS saja tidak bisa, down melulu," ungkapnya.

Nandi mengaku dari awal dibukanya website tersebut mulai tanggal 1 September, dirinya telah mencoba untuk membuka  website tersebut, namun hingga saat ini dirinya mengaku gagal dalam mengakses situs tersebut. Untung saja KemenPAN-RB belum menginstruksikan seluruh aparaturnya daftar. "Jujur saja, saya tidak tahu tentang PUPNS karena sosialisasinya kurang. Di media saja kurang mengekspos tentang e-PUPNS," ungkapnya.

Nandy mengaku bahwa di lingkungan instansinya, sosialisasi mengenai pentingnya mengisi E-PUPNS sangat minin, bahkan ia juga mengetahuinya dari rekannya yang bekerja di kementerian lain. "Takut juga kalau status kita diragukan karena tidak daftar e-PUPNS. Namun, kalau sistemnya seperti ini yang dirugikan PNS juga, tapi saya agak tenang karena saya dapat info untuk entry data pegawai KemenPAN-RB akan dibikin bersama-sama dan prosesnya sangat cepat lagi," tandasnya.

Tumpak Hutabarat selaku Karo Humas BKN, membenarkan bahwa server E-PUPNS sering mengalami down. Hal ini menurutnya dikarena tingkat kunjungan PNS sangat banyak. Bayangkan saja, sekitar 4,36 juta PNS di pusat dan daerah wajib mendaftarkan di Pendaftaran Ulang PNS Elektronik (e-PUPNS). "Yang akan buka web pasti jutaan ribuan hingga jutaan orang. Kalau di jam-jam kerja trafficnya padat, sehingga web sering down," ungkapnya.

Dia menyarankan PNS mendaftar di malam hari, atau saat santai Sabtu dan Minggu. Pendaftaran ini tidak harus menggunakan komputer atau laptop. "Kalau ada waktu santai, daftar saja. Daripada buka Facebook atau lihat Youtube, kan bisa mendaftar dari smar‎thphone," saran Tumpak.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: