Sistem Kepangkatan Baru PNS


By | 02.40 1 comment
PNS
asncpns.com - Saat ini, pemerintah akan menjadikan sistem grade (tingkatan) menjadi sistem baru dalam sistem kepangkatan pegawai negeri sipil (PNS). yang sebelumnya sistem kepangkatan didasarkan pada tingkat pendidikan. Sistem grade ini bahkan terdapat pada Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Gaji dan Tunjangan PNS.

Bima Harya Wibisana selaku Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjelaskan bahwa selain menggunakan sistem grade, kedepannya sistem kepangkatan juga akan mempertimbangkan masa kerja dan kompetensi PNS. ”Sistem kepangkatan akan berbeda. Ada 27 grade,” ungkap Bima Harya Wibisana di Jakarta.

Bima juga menjelaskan bahwa sistem kepangkatan ini akan berpengaruh kepada sistem gaji yang baru. Kepangkatan PNS juga sebelumnya hanya diatur mulai dari IA sampai 4E. Namun, ke depan akan ada grade 1 sampai 27. ”Itu nanti ada range -nya. Masa kerja sekian, kompetensi sekian, itu ada di grade sekian sehingga kompetensi dihargai,”  tambahnya.

”Misal, pangkatnya 4A masa kerja 10 tahun dengan pendidikan doktor dengan pangkat 4A masa kerja 10 pendidikan master, apakah gajinya sama? Kita akan membedakan. Kalau sekarang kan semuanya sama,” ungkapnya. Dengan sistem yang baru ini, pihaknya bisa melakukan pendataan ulang secara elektronik kepada seluruh PNS yang ada di Indonesia. Dengan begitu, selanjutnya akan digolongkan berdasarkan grade yang ada. ”Inilah salah satu fungsinya pendataan. Kita ingin mengubah sistem. Untuk mengonversi dibutuhkan data yang akurat,” ujarnya.

Namun menurutnya, data yang ada saat ini masih sangat berantakan bahkan rusak dan tidak jelas. Pendataan ini juga sekaligus sebagai pembersihan data yang rusak. Di samping itu juga agar data lebih lengkap. Data pendataan ini diharapakan akan selesai pada bulan Desember mendatang sehingga tanggal 1 Januari 2016, sistem kepangkatan ini bisa diberlakukan pada 1 Januari 2016. Jangan sampai ini ditetapkan, datanya masih tidak ada.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar: