Solusi Kekurangan PNS dengan Rekrut THL


By | 16.41 Leave a Comment
Atasi Kekurangan PNS

asncpns.com - Setelah dikeluarkannya kebijakan moratorium pegawai negeri sipil (PNS) atau penghentian sementara penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) sampai tahun 2019 nanti, memberikan dampak yang sangat besar bagi pemerintah daerah. Salah satunya terjadi di Kabupaten Gunungkidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pasalnya, kebijakan tersebut menyebabkan tiap-tiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Gunungkidul harus mengalami kekurangan pegawai di daerahnya. Selain itu, beban kerja yang harus dilakukan oleh masing-masing SKPD untuk memberikan pelayanan publik menjadi semakin bertambah berat, sehingga dapat menggangu jalannya roda pemerintahan daerah ini.

Dengan demikian, sejumlah SKPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Gunungkidul pada tahun 2016 ini harus bisa menanggulangi kekurangan jumlah pegawai dengan cara melakukan penerimaan tenaga harian lepas (THL). Penerimaan THL itu untuk ditempatkan di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) dan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan ESDM.

Ir. Budi Antono, M.Si yang menjabat sebagai Pejabat Bupati Gunung Kidul mengatakan bahwa penerimaan THL di beberapa SKPD adalah sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kekurangan PNS. Sedangkan untuk penerimaan CPNS di daerahnya tidak bisa dilakukan begitu saja di daerahnya, tetapi harus melalui pemerintah pusat.

Seperti yang kita ketahui, moratorium PNS tidak berlaku bagi formasi khusus yaitu untuk tenaga guru, tenaga kesehatan, ahli komputer, hukum dan jalur khusus. Sebelum pengumuman CPNS dibuka oleh pusat, alangah baiknya persiapkan diri sedini mungkin untuk menguasai materi CPNS. Kami referensikan Paket LKIT sebagai sumber bahan pembelajaran terbaik.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: