Detail Kelompok Formasi Yang Akan Direkrut Dalam Rekrutmen CPNS 2016


By | 07.34 6 comments
Detail SDM Formasi CPNS 2016
Setelah usulan e-formasi cpns ditenggat sampai dengan akhir bulan April ini, rupanya usulan usulan formasi yang diajukan oleh tiap tiap instansi tersebut belum sepenuhnya benar dan harus dikoreksi karena sekitar 50% usulan tambahan formasi yang diajukan hanya untuk jabatan tenaga adminstrasi dan bukan formasi yang mendukung program Nawacita, sehingga pihak Kemenpan RB meminta kepada pimpinan intansi untuk segera memperbaikinya.

Dalam rekrutmen CPNS tahun 2016 ini, Kemenpan RB hanya akan merekrut formasi cpns yang searah dengan kebijakan pemerintah, yaitu formasi formasi yang bertujuan untuk mendukung program Nawacita. "Rekruitmen CPNS tahun ini diarahkan untuk mendukung program Nawacita," ujar Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmadja dalam rapat dengan para Sekjen/Sesmen/Sestama 18 kementerian/lembaga di Jakarta, Selasa (26/04).

Berikut adalah 4 kelompok SDM yang akan direkrut dalam Penerimaan CPNS tahun ini

  • Pertama, untuk program wajib yang meliputi kesehatan, pendidikan (guru dan dosen), dan penanggulangan kemiskinan.
  • Kedua, program prioritas yaitu pembangunan infrastruktur, pembangunan poros maritim, pembangunan ketahanan energi dan pembangunan ketahanan pangan.
  • Ketiga, tenaga penegak hukum
  • Keempat, SDM untuk program dukungan reformasi birokrasi.

Selain itu, penerimaan CPNS juga dilakukan melalui formasi khusus, melalui jalur sekolah kedinasan. Selain itu juga dari putra/putri terbaik, disabilitas, putra putri yang memiliki prestasi olah raga internasional.

Untuk sekolah kedinasan, sudah dilakukan pendaftaran di 7 sekolah ikatan dinas sejak Maret 2016. Ketujuh sekolah ikatan dinas itu adalah Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, Akademi Imigrasi (AIM), Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG). Selain itu, formasi khusus CPNS untuk pemerintah daerah melalui Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD).

Setiawan menambahkan, SDM pada dukungan Nawacita itu yang paling penting. “Maka dari itu konsep SDM mulai sekarang harus sudah diperketat supaya arahnya betul, Bukan berarti kita mengunci formasi jabatan prioritas, tapi ini yang kita lakukan dalam dua tahun ini,” tegasnya.

Bagi kamu yang memang akan mengikuti ujian CPNS tahun ini, tentunya segala kabar tentang CPNS sangat dinanti. Jangan sampai penantianmu sia-sia begitu saja, segera persiapkan diri kamu dengan cara belajar secara maksimal. Tes CPNS akan menggunakan sistem CAT. Sebagai rekomendasi pembelajaran terbaik, kamu bisa belajar dari Paket LKIT yang sudah terbukti menjadi acuan pembelajaran nomor wahid di Indonesia.

Sedangkan untuk jabatan program prioritas cpns 2016 terdiri dari 108 formasi jabatan, yakni pembangunan ketahanan pangan meliputi 20 jabatan. Pada program penegak hukum, terdapat 36 jabatan, dan pembangunan dukungan reformasi birokrasi meliputi 52 jabatan. Daftar list jabatan lengkap tersebut bisa anda lihat di Detail Nama Formasi CPNS 2016 Program Nawacita

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

6 komentar:

  1. Mantap... cara dapatkan paket LKIT dimana yah.. dan bgimn caranya..?? Mohon bantuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas silakan akses website penjualan resminya di www.paketlkit.com

      Hapus
  2. Pemerintah yang berada "di atas" telah menimbang dan mensurvei ke bawah, tp sayangnya bawahannya banyak yang mengambil langkah gegabah, beberapa waktu lalu untuk mencukupi kekurangan SDM yg ada.. sampai saat ini ada daerah yang membuka kontrak kerja untuk menutupi kekurangan SDM dalam lingkungan dinas tersebut berdasarkan Perda wilayah tersebut. tapi sayangnya nasib orang-orang tersebut belum jelas kemana arahnya karena sebatas kontrak. Ada Bapak, tanpa Ibu, itu yg terjadi. bagaimana menurut Bapak? apakah dapat diperjuangkan menjadi ASN? Mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ASN adalah PNS dan PPPK. Untuk menjadi ASN harus melalui perekrutan...harus melalui tahapan test dan lolos seleksi. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan perundangan ASN No 5 tahun 2014

      Hapus
  3. Semoga Hal ini menjadi kabar Baik. Menurut Admin, Apabila di salah satu instansi yang berusaha memenuhi kebutuhan SDM membuat perjanjian kontrak sesuai Perda di wilayah tersebut, produk SDM dari perjanjian kontrak kerja dari instansi tersebut dapat mengikuti, melaksanakan, dan masuk dalam ASN ? Mohon sarannya.

    BalasHapus
  4. Kapan buka pendaftaran CPNS?

    BalasHapus