Dari 81.000 Formasi CPNS 2016, 10.000 Formasi Untuk Jalur Umum!


By | 18.57 Leave a Comment

Formasi CPNS 2016
asncpnc.com - Yuddy Chrisnandi selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) mengungkapkan bahwa untuk tahun ini akan membuka 81.000 formasi untuk tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dari 81.000 formasi CPNS tersebut, pemerintah akan membuka 10.000 formasi untuk umum dari berbagai jurusan atau program studi.

"Perkiraan kita kuota untuk penerimaan CPNS pelamar umum sekitar 10 ribu-an, itu termasuk untuk mahasiswa berprestasi ya. Kan jatahnya sekurang-kurangnya 10 persen," ungkap Menteri Yuddy di Jakarta Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Dengan demikian, pemerintah membuka seluas-luasnya untuk lulusan sarjana bidang studi apapun untuk mengikuti seleksi tes CPNS tahun 2016 ini. Namun untuk kali ini pemerintah  pun mengajukan beberapa persyaratan untuk para peminat tes seleksi CPNS di jalur umum yang bertujuan untuk mendapatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkualitas dari sisi pengetahuan dan integritas tinggi, serta profesional.

Meskipun demikian, pemerintah tetap prioritaskan program studi yang sejalan dengan program Nawa Cita Presiden Joko Widodo. Program Studi tersebut adalah ahli pengairan, ahli pertanian, ahli tata kota, ahli konstruksi, ahli maritim, dan lainnya. "Tidak boleh asal-asalan, karena program studinya sudah yang sudah mendapatkan sertifikat untuk melamar jadi CPNS di kategori pelamar umum. Kita akan cari dan akan diumumkan,"tambah Yuddy.


Untuk penerimaan tes CPNS tahun ini, Yuddy menjamin pelaksanaannya akan bersih dari unsur Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN), suap menyuap  dan intervensi pihak manapun karena pelaksanaannya akan dilakukan secara transparan dengan menggunakan pengawasan berlapis.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Menteri PANRB akan menjadi penanggung jawa Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Oleh karena itu pelaksanaannya dituntu harus sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. "Juga menjamin proses seleksi tersedianya sumber daya manusia PNS yang berintegritas, berpengetahuan luas, profesional. Jadi mau tidak mau seleksi akan sangat ketat di sekarang ini dibanding tahun-tahun sebelumnya," tandas Yuddy.

Pelaksanaan tes CPNS ini diperkuat oleh Kementerian Keuangan yang bertugas untuk mengalokasikan anggaran untuk 81.000 kursi untuk seleksi CPNS 2016 yang terbatas untu sektor pendidikan, kesehatan, penegak hukum dan sektor penunjang program unggulan nawacita.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: