Lulusan Cum Laude Masuk Formasi Khusus


By | 18.55 Leave a Comment
Formasi Khusus Cum Laude CPNS
Penerimaan CPNS 2016 ini ditargetkan hanya sekitar 81 ribu kuota formasi saja yang akan direkrut, dimana jumlah ini jauh lebih kecil dari jumlah alokasi penerimaan cpns biasanya yang mencapai lebih dari 100 ribu formasi.

Kebijakan ini tidak terlepas dari kebijakan penghematan anggaran dan rasionalisasi PNS yang gencar digemborkan oleh Menpan RB. Dari keseluruhan total 81.000 formasi yang sudah dialokasikan tersebut, hanya sekitar 1000 formasi yang dialokasikan untuk lulusan cumlaude dan akan menempati formasi khusus.

“Kalau tahun lalu hanya ratusan lulusan perguruan tinggi berpredikat cum laude yang direkrut. Tahun ini jumlah lebih banyak sekitar 1000 orang,” Ungkap Yuddy Chrisnandi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) di sela-sela rakornas kepegawaian BKN, Kamis (26/5).

Note:
Pelaksanaan Tes menggunakan Sistem CAT CPNS dengan lama waktu pengerjaan selama 90 menit dan jumlah soal sebanyak 100 soal. Nilai kelulusan ditentukan berdasarkan passing grade. Passing Grade Tes Karakteristik Pribadi adalah 126 atau 72% dari nilai maksimal TKP. Passing Grade Tes Intelegensi Umum adalah 75 atau 50% dari nilai maksimal TIU. Passing Grade Tes Wawasan Kebangsaan adalah 70 atau 40% dari nilai maksimal TWK. Penilaian tersebut adalah berdasarkan Permenpan RB No 29 Tahun 2014. - Rekomendasi pembelajaran TKP, TWK dan TIU CPNS 2016

Formasi khusus CPNS adalah formasi yang dikhususkan untuk lulusan cumlaude dari Perguruan Tinggi negeri ataupun perguruan tinggi swasta dengan akreditasi A, sedangkan perguruan tinggi dengan akreditasi B tidak bisa. Indeks Prestasi untuk cumlaude adalah minimal 3,75.

"Mahasiswanya juga mendapat Indeks Prestasi (IP) cumlaude, yaitu 3,75. Ini akan kita cari dan kita umumkan, kita akan berikan formasi khusus," imbuhnya.

Setiap lulusan cumlaude tetap saja harus melewati seleksi dengan CAT CPNS BKN. Tidak ada penerimaan cpns tanpa tes.

"Seluruh pelamar CPNS baik pelamar umum maupun khusus semuanya melalui proses tes computer assisted test (CAT). Tidak ada yang tanpa tes," tegas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi usai penyerapan 32 Top Inovasi Pelayanan Publik di Jakarta, Kamis (26/5).

Tujuan perekrutan mahasiswa mahasiswa berprestasi dari jalur cum laude ini adalah untuk meningkatkan kualitas SDM ASN selain menjaga agar lulusan terbaik ini tidak selalu diambil oleh perusahaan perusahaan luar negeri.

“Kami hanya menjaga lulusan terbaik ini jangan sampai diambil perusahaan luar negeri. Ditampung dulu semuanya baru ditempatkan di instansi-instansi. Namanya orang cerdas, ditempatkan di mana saja pasti bisa,” jelas Bima Haria Wibisana selaku Kepala BKN

Penerimaan CPNS sendiri menurut Menpan RB akan mulai diumumkan pendaftarannya pada bulan juli mendatang.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: