Perjanjian Kinerja PNS Setiap Awal Tahun!


By | 19.54 Leave a Comment
Pegawai Negeri Sipil
asncpns.com - Nadimah selaku Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan, Pemantauan, dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan II menyatakan bahwa sistem rekruitmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang saat ini digunakan terbukti lebih akuntabel yang mengadaptasi sistem online.

Sistem Aparatur Sipil Negara (ASN) telah berubah menjadi lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. “Sekarang rekruitmen CPNS sudah menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Dengan sistem tersebut tidak akan ada lagi PNS titipan,” ujarnya. Hal ini diungkap dirinya saat menerima kunjungan 52 mahasiswa dari Fakultas Hukum dan Administrasi Negara Universitas Hasanuddin Makassar ke Kantor Kementerian PANRB. Kunjungan ini dalam rangka mempelajari sistem reformasi birokrasi yang leading sektornya adalah Kementerian PANRB

Selain sistem perekrutan, Nadimah juga menjelaskan bahwa phaknya melakukan perbaikan guna untuk meningkatkan mutu aparatur negara dengan menggelar berbagai kegiatan pelatihan dan pendidikan. Sedangkan untuk  meningkatkan mutu pejabat eselon, pihaknya telah melakukan seleksi terbuka dan terbukti jelas hasilnya.

Untuk Pegawai Negeri Sipil sendiri, mereka dituntuk untuk bekerja dengan baik dengan meningkatkan kompetensi diri dan berkinerja baik. Di awal tahun PNS akan menandatangani perjanjian kinerja, oleh karena itu PNS tidak bisa lagi kerja asal-asalan.

“Mutu para pegawai juga sedang ditingkatkan melalui perjanjian kinerja dengan atasannya. Jadi tidak seluruh pegawai dapat naik pangkat, tetapi hanya yang kompeten, berkinerja dan berprestasi yang akan mendapatkannya,” tambah Nadimah.

Perjanjian ini merupakan sebuah acuan untuk mengukur kadar prestasi dari PNS tersebut, dan jika dalam perjanjian tersebut tidak tercapai maka akan diberikan pelatihan dan pendidikan, yang akan dicari terlebih dahulu penyebab tidak tercapainya perjanjian tersebut. Sebaliknya, jika PNS tersebut bisa mencapai perjanjian tersebut, maka PNS bersangkutan akan mendapatkan reward.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: