Kementerian PANRB Pantau Seleksi CPNS


By | 18.54 Leave a Comment
Seleksi CPNS
asncpns.com - Pelaksanaan Tes seleksi CPNS untuk para bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) dilaksanakan pada 17 Juli hingga 24 Juli 2016. Meskipun pelaksanaan dibeberapa daerah di Indonesia dan tidak terpusat, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) terus memantau tes tersebut.

Suwardi selaku Kepala Bagian Komunikasi Publik Kemenpan-RB Suwardi menjelaskan bahwa, tes CPNS bidan masih berjalan di beberapa wilayah.  "Tanggal 17 sampai dengan 24 ini, ada tes untuk CPNS khusus untuk bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT). Bidan PTT ini bidan yang sudah mengabdi khusus di bidang ini dan sudah lama," ungkapnya di Kantor Kemenpan-RB, Jakarta.

Menurut Suwardi, tes ini adalah prosedur utama agar lulus menjadi seorang CPNS untuk para bidan PTT yang selama ini sudah mengabdi. "Ini sudah dikhususkan di beberapa daerah. Hampir semua ada di beberapa daerah provinsi. Jadi kebetulan DKI enggak ada. Itu ada di Bandung sampai besok ya, di Banten sampai besok juga," tambahnya.

Selain menjadi prosedur, tes ini untuk menentukan siapa terlebih dahulu yang akan diangkat terlebih dahulu menjadi PNS, karena pengangkatan sekitar 43 ribu bidan PTT ini tidak dilakukan sekaligus dan dibagi menjadi beberapa tahap. "Jadi kalau bidan PTT itu memang sudah akan diangkat, komitmennya begitu. Tapi peraturannya tetap harus mereka itu melalui tes. Ini untuk menentukan mana yang duluan diangkat. Karena dari sisi umur bisa saja mereka udah rawan. Karena umur maksimal 35 tahun untuk jadi PNS. Mereka sedang melakukan itu," tambahnya.

Para bidan yang nantinya diangkat dan menjadi PNS, dihimbau untuk bekerja lagi lebih giat dan meningkatkan kinerjanya untuk melayani masyarakat. "Mungkin gini, biasanya orang begitu setelah jadi PNS, jadi malas. Identik seperti itu. Jadi diharapkan begitu setelah mereka jadi PNS itu akan lebih giat lagi bekerja, karena kepastian dari sisi keuangan dari gaji. Kalau selama ini dari segi keuangan mereka bentuknya honor. Kalau sekarang gajinya sudah dijamin lalu masa depannya dijamin," tutur Suwardi.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi meminta para Bidan PTT yang akan mengikuti seleksi untuk tidak meremehkan seleksi ini, karena hasil seleksi CAT ini akan menentukan cepat tidaknya bidan PTT mendapatkan NIP CPNS. "Kalau bidannya ingin cepat diangkat PNS, ya harus belajar tekun. Isi semua tesnya dengan baik biar bisa lolos passing grade," ungkapnya di Jakarta, Rabu (20/7).

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: