Menteri PANRB Baru, Prioritas Kerja Baru


By | 20.12 Leave a Comment
asncpns.com - Seperti kita ketahui bahwa Presiden Republik Indonesia pada hari Rabu, (27/072016) mengumumkan "Reshuffle kabinet Jilid II" di Jakarta. Salah satu posisi menteri yang mengalami perubahan adalah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB), yang sebelumnya dijabat oleh Yuddy Chrisnandi dan digantikan oleh Asman Abnur.

Menteri PANRB Asman Abnur diketahui sebelumnya pernah menjabat Wali Kota Batam dan pernah menjadi anggota DPR selama 3 periode. Asman Abnur adalah seorang pengusaha yang diyakini memiliki beberapa toko emas, apotik, SPBU, bank hingga pusat kebugaran. Ayah dua orang anak ini mendapat gelar sarjana dari Universitas Andalas Padang pada 1990. Lalu melanjutkan ke Universitas Airlangga, Surabaya untuk gelar master. Di universitas yang sama, Asman kini sedang mengejar gelar doktor.

Karir Politik

Karir politik Asman dimulai pada Tahun 2001 dengan menjabat sebagai anggota DPRD Batam dan duduk dikomisi B, namun menjadi anggota DPRD hanya sebentar dan langsung menjadi Wali Kota Batam pada periode 2001-2004. Di partai Amanat Nasional (PAN) dia seringkali mengemban jabatan yang strategis, diantaranya adalah menjadi Bendahara Umum Partai (2005-2010). Dan pada tahun 2015, dirinya menjadi Wakil Ketua Umum DPP PAN.

Sebelum ditunjuk menjadi menteri, Amran terlebih dahulu menjadi anggota DPR RI dan duduk di komisi IX DPR yang membidangi kesehatan dan ketenagakerjaan. Saat duduk di Komisi XI, Asman pernah menjadi pimpinan Tim Teknis Pencalonan Anggota BPK (2009), Pimpinan Panja RUU Jaring Pengaman Sistem Keuangan (2009), Pimpinan Pansus Perpajakan Komisi (2008), Pimpinan Panja 3 PERPU Komisi XI DPR RI (2008), Wakil Ketua Pansus Perbankan Syariah (2008).

Prioritas Kerja

Dalam acara serah terima jabatan dengan Yuddy Chrisnandi di Kementerian PAN RB, Jl Sudirman, Jakarta, Rabu (27/7/2016) petang kemarin, amran mengungkapkan bahwa dirinya memiliki beberapa prioritas kerja dalam masa kepemimpinannya, diantaranya adalah Asman ingin merubah mind sikap kerja para PNS yang jika dibandingkan dengan pegawai swasta masih kalah jauh.

"Nah tadi disampaikan juga Pak Yuddy, mindset birokrasi ini yang selama ini dinilai lamban, kalah dari pegawai swasta. Nah, ini kita balikkan sekarang bahwa pegawai negeri itu tidak kalah dengan pegawai swasta. Saya pikir itu," ujar Asman

Selain itu, Menteri Asman mengungkapkan bahwa di era kepemimpinannya, dirinya akan mengurangi kebocoran anggaran dengan sistem e-budgeting di daerah-daerah serta pelayanan perizinan dari dua minggu menjadi dua hari.

Sambil melewati masa penyesuaian diri di lingkungan baru yang dijabatnya ini, Menteri Asman juga akan mendengar masukan dari Mantan Menteri sebelumnya yaitu Yuddy Chrisnandi. "Tentu saja dengan masukan Pak Yuddy yang luar biasa kita akan kerja terus,"ungkapnya. Dirinya juga berharap untuk bisa menyesuaikan diri dengan cepat.

"Ya sesuai yang Pak Yuddy katakan, kalau sudah di pemerintah kita milik publik. Partai yang berikutnya. Jadi kita menunjukkan kinerja yang baik. Dengan kinerja yang baik partai akan dikenal dengan baik karena kadernya bekerja dengan baik," tutup Asman. 

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: