Uang Makan PNS Bergantung Pada Masuk Kerja PNS


By | 21.47 Leave a Comment
PNS
asncpns.com - Pemberian uang makan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan mengacu kepada daftar hadir PNS pada hari kerja. Hal ini diatur sebagaimana oleh Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 72/PMK.05/2016 tentang Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN). Dengan diterbitkannya Peraturan tersebut, maka PKM Nomor 110/PMK.05/2010 tentang Pemberian dan Tata Cara Pembayaran Uang Makan Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah dihapus.

Pada tanggal 26 April 2016, aturan ini telah ditandatangani langsung oleh Menteri Keuangan dan langsung diundangkan pada tanggal 27 April 2016 dan tentu saja mengatur mengenai uang makan para Aparatur Sipil Negara. Dalam Pasal 2 aturan tersebut, dijelaskan bahwa uang makan yang akan diberikan kepada ASN akan berdasarkan daftar hadir pada hari kerja dalam satu bulan.

"Uang makan PNS tersebut diberikan setiap tahun. Termasuk juga untuk TNI," ujar Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani. Menurut Askolani, uang makan yang diterima PNS adalah Rp.30.000 per/hari. "(Besarannya) Sekitar Rp 30 ribu per hari kerja dalam 1 bulan," kata dia.

Sedangkan dalam pasal 3 menyatakan bahwa, uang makan tidak akan diberikan kepada mereka yang tidak hadir kerja, PNS perjalanan dinas, PNS sedang cuti, PNS sedang belajar/diklat dan PNS yang diperbantukan atau dipekerjakan diluar instansi pemerintah.

Uang makan akan dibayarkan setiap satu bulan dan pada awal bulan berikutnya uang makan tersebut akan dibayarkan. Sedangkan untuk bulan desember, dapat dibayarkan pada bulan berkenaan mengikuti ketentuan mengenai pedoman pelaksanaan penerimaan dan pengeluaran negara pada akhir tahun anggaran. Hal tersebut terdapat pada pasal 5 aturan baru tersebut.

Pada pasal 6, disebutkan pembayaran uang makan dilakukan dengan mekanisme pembayaran langsung ke rekening pegawai ASN.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: