Video of the Day

Rabu, 20 Juli 2016

Sukabumi Kekurangan Puluhan Ribu PNS

PNS
asncpns.com - Dikarenakan beberapa tahun terakhir tidak ada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi mengalami kekurangan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tak tanggung-tanggung, jumlah kekurangan personil tersebut mencapai puluhan ribu pegawai, karena setiap tahunnya banyak PNS yang pensiun.

Hal ini dibenarkan oleh Risbandi AR selaku Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sukabumi yang mengatakan bahwa beberapa tahun ini tidak ada rekrutmen CPNS dan banyak PNS yang pensiun. "Padahal, setiap tahunnya PNS yang pensiun mencapai ratusan orang,"ungkapnya.

Untuk tahun 2016, PNS yang akan pensiun sebanyak 400 PNS. Hal ini belum lagi diperparah oleh PNS yang mengajukan pensiun dini atau pensiun atas permintaan sendiri. Sementara di sisi lain tidak ada penambahan PNS karena tidak adanya kuota rekrutmen CPNS dari pemerintah pusat.

Contohnya pada 2016 ini tercatat sebanyak 400 orang PNS yang pensiun. Jumlah itu, Risbandi menjelaskan belum ditambah dengan PNS yang mengajukan pensiun dini atau pensiun atas permintaan sendiri. Sementara di sisi lain tidak ada penambahan PNS karena tidak adanya kuota rekrutmen CPNS dari pemerintah pusat.

Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sukabumi, saat ini jumlah PNS aktif berjumlah 14.654 orang. Jumlah tersebut sangat kurang, karena idealnya jumlah PNS seharusnya adalah berjumlah sekitar 40 ribu orang. 40 Ribu adalah jumlah ideal karena penduduk Kabupaten Sukabumi berjumlah sekitar 2,3 juta jiwa.

PNS yang terdapat di Kabupaten Sukabumi di dominasi oleh tenaga guru yang mencapai 8.950 orang. Namun meskipun jumlah guru tersebut banyak, kenyataannya jumlah tenaga pendidik tersebut masih kurang dari kebutuhan. Oleh karena itu, masih ada sekolah yang kekurangan guru dan merekrut tenaga honorer

Selain guru, Risbandi menyebut bidang lainnya yang mengalami kekurangan PNS adalah sektor kesehatan atau tenaga medis. Ia berharap ke depan ada penambahan terkait dua bidang tersebut yakni pendidikan dan kesehatan. Hal tersebut untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.


Anonim

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



1 komentar:

  1. Saya siap jadi guru honorer di kabupaten Sukabumi, tolong pantau sekolah mana yang membutuhkan. Saya dari kota Sukabumi.

    BalasHapus

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)